Senin, 27 Mei 2024

NATO Gelar Latihan Gabungan Terbesar Sejak Perang Dingin

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Aliansi pertahanan NATO mulai menggelar latihan gabungan terbesar sejak Perang Dingin bertajuk ‘Steadfast Defender 24‘, yang juga menandai perayaan ke-75 aliansi tersebut.

“NATO hari ini meluncurkan latihan militer terbesar sejak 1988 dengan 90.000 personel mengambil bagian dalam latihan di Atlantik Utara dan Eropa,” kata Matthias Eichenlaub, juru bicara NATO melaui platform X resminya, Kamis (25/1).

Baca Juga: Jerman akan Kirim Enam Helikopter Sea King Mk41 ke Ukraina

Sekitar 90.000 tentara dari negara-negara anggota NATO akan berpartisipasi hingga latihan selesai pada akhir Mei mendatang. Ratusan kendaraan tempur dan 50 kapal mulai dari kapal induk hingga kapal perusak akan ambil bagian, serta lebih dari 80 pesawat tempur, helikopter maupun drone.

“Latihan terbesar NATO dalam beberapa dekade, dimulai pada Rabu, 24 Januari 2024 saat kapal USS Gunston Hall (LSD 44) berangkat dari Norfolk, Virginia, AS dan setelah serangkaian operasi, (kapal itu) akan memulai transitnya melintasi Atlantik,” tulis NATO melalui laman resminya.

Melalui latihan tersebut, NATO akan pamer kapabilitas dalam mempertahankan kawasan Euro-Atlantik. Mereka akan latihan operasi multi-domain yang melintasi ribuan kilometer, dari wilayah Atlantik hingga Eropa.

Baca Juga: Korut Klaim Berhasil Uji Coba Rudal Jelajah Jenis Baru

“Aliansi akan menunjukkan kemampuannya untuk memperkuat kawasan Euro-Atlantik melalui pergerakan kekuatan trans-Atlantik dari Amerika Utara,” kata Jenderal Christopher Cavoli, Panglima Tertinggi Sekutu Eropa (SACEUR).

“Steadfast Defender 2024 akan menjadi demonstrasi nyata dari persatuan, kekuatan, dan tekad kita untuk melindungi satu sama lain, nilai-nilai kita, dan tatanan internasional berbasis aturan.” (bp)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER