Selasa, 25 Juni 2024

Lewati Perairan Somalia, Satgas TNI Konga UNIFIL Siaga Jaga Perang

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Personel KRI Frans Kaisiepo-368 yang tergabung dalam Satgas Maritime Task Force (MTF) TNI Konga XXVIII-N/UNIFIL melaksanakan siaga jaga perang untuk meningkatkan kewaspadaan saat berlayar melintasi Teluk Aden, Somalia, Jumat (23/12).

Siaga jaga perang dilakukan saat KRI Frans Kaisiepo-368 dalam perjalanan menuju ke pelabuhan Said, Mesir. Prajurit melaksanakan jaga yang diatur dalam waktu tertentu dengan pusat komando berada di ruang Pusat Informasi Tempur (PIT).

Lewati Perairan Somalia, Satgas TNI Konga UNIFIL Siaga Jaga Perang.
(Dok. Dispenal)

Prajurit KRI Frans Kaisiepo-368 menempati pos tempur dengan menugaskan sniper (penembak jitu) dari personel Kopaska. Para prajurit juga dilengkapi senjata, magazen terisi amunisi tajam, rompi anti peluru, dan helm tempur selama jaga perang.

Komandan Satgas (Dansatgas) TNI Konga UNIFIL Letkol Laut (P) John David Nalasakti Sondakh, mengungkapkan jaga perang harus dilaksanakan dengan tingkat kewaspadaan dan kesigapan yang tinggi serta tetap memperhatikan faktor keamanan dan keselamatan.

Lewati Perairan Somalia, Satgas TNI Konga UNIFIL Siaga Jaga Perang.
(Dok. Dispenal)

Umumnya, kata John, para perompak akan mencari dan menilai sasaran pada siang serta melaksanakan serangan malam hari. Oleh karena itu, pihaknya harus siap merespon segala kemungkinan terburuk.

Baca: Kapal Rumah Sakit dr. Radjiman Wedyodiningrat-992 Sukses Uji Pelayaran

“Saat melintas Selatan Aden harbor hingga masuk Selat Bab el Mandep, teridentifikasi 31 speed boat masing-masing diawaki tujuh hingga sembilan personel,” ungkapnya dikutip dari keterangan Dispenal, Sabtu (24/12).

Satgas MTF TNI Konga XXVIII-N/UNIFIL yang juga on board heli Panther HS-1306 Puspenerbal terdiri dari 102 personel awak kapal, sembilan personel pilot dan kru heli, perwira kesehatan, intelijen, psikologi, penerangan, hukum, Kopaska dan penyelam masing-masing satu personel. (at)

BERITA TERBARU

INFRAME

Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024

Peserta kategori IPSC Level III mengikuti Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024 di Lapangan Tembak Djamsuri, Wing Komando 1 Kopasgat, Jakarta, Jumat (7/6). Perlombaan tersebut mengangkat tema "Kualitas dan Prestasi adalah Kehormatan".

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER