Senin, 27 Mei 2024

Lewat Jalur Hukum Hotman Paris Akan Telusuri Hoaks Korupsi Pembelian Mirage 2000-5

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Penasehat hukum Hotman Paris Hutapea memastikan akan menempuh jalur hukum untuk menelusuri hoaks yang beredar di media sosial terkait korupsi pembelian jet tempur Mirage 2000-5.

“Kita akan telusuri. Saya ditugaskan untuk itu nanti. Tindakan berikutnya nanti, yang jelas judulnya itu pembelian pesawat Mirage sedangkan itu sudah tidak ada jual beli. Berarti kan kalau tidak ada jual beli berarti tidak ada suap. Udah jelas? Berarti ini benar-benar fitnah. Ga ada jual beli, gak pernah beli,” kata Hotman saat konfrensi pers yang digelar di gedung Kementerian Pertahanan, Senin, (12/2).

Menurutnya video yang beredar dengan topik judul “Dugaan skandal suap pesawat Mirage 2000-5 yang melibatkan pejabat Kemhan dan Eva Kaili” yang beredar adalah hoaks.

Baca Juga: Kemhan: Informasi Korupsi Pembelian Mirage 2000-5 Hoaks

“Sekarang kita tanya dulu, kalau ada jual beli, mungkin gak terjadi suap. Pertanyaan kita tanya langsung kepada Danhil Simanjuntak. Pernah enggak membeli mirage ini dari Qatar?” tanya Hotman kepada Juru Bicara Menteri Pertahanan Danhil Azhar Simanjuntak yang berdiri di sampingnya.

Hotman Paris
(IDM/Ronald)

“Tadi sudah disampaikan oleh Wamenhan, tidak ada pembelian terhadap mirage 2000-5,” jawab Danhil.

“Jadi sekali lagi, kontrak pesawat mirage dengan Qatar ditandatangani 31 januari 2023 tetapi batal. Di video ini disebutkan itu skandal suap melibatkan si Eva tadi, ternyata dia sudah dipenjara pertengahan 2022. Itu fitnah kedua,” timpal Hotman.

Baca Juga: 15 Pati TNI AU Dirotasi dan Dimutasi, Salah Satunya Jabatan Kadispenau

Jelas Hotman dalam video tersebut tidak ada kata-kata suap dan tidak diketahui itu suara milik siapa.

“Karena suara pada video online bisa dipake AI. Jad ini benar-benar itu berita bohong semuanya. Anehnya video ini sangat efektif beredar 3 hari ini. Bener-banar viral dimana-mana. Nanti siapa pelakunya akan kita sikat. Ini minggu tenang soalnya, jadi kita gak bicara dulu siapa pelakunya,” kata Hotman. (rr)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER