Selasa, 25 Juni 2024

Lanal Pulau Rote Jemput 12 Nelayan Terdampar di Perbatasan Perairan Indonesia-Australia

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Pangkalan TNI AL (Lanal) Pulau Rote menjemput 12 nelayan KM Tanjung Jaya 03 dan Marisa Indah yang sebelumnya tenggelam diterpa badai, pada Jumat (19/5) lalu, di perbatasan perairan Indonesia-Australia.

Dikutip dari keterangan Dispenal, Kamis (25/5), sebelumnya dua kapal nelayan tersebut terkena cuaca buruk hingga KM Marisa Indah dengan empat anak buah kapal (ABK) terdampar dan KM Tanjung Jaya 03 dengan delapan ABK karam di dekat Tanjung Bougenville, Australia.

Baca Juga: Mengenal Sertu Munir Prajurit Raider Diganjar Penghargaan Babinsa Terbaik

Kemudian, mereka ditemukan oleh Australian Border Force (ABF) dan dievakuasi HMAS ADV Cape Otway-314. JRCC Australia atas nama pemerintah Australia meminta pertemuan dan ekspatriasi ke-12 nelayan tersebut dengan kapal KN Pulau Nipah (Bakamla RI) di perairan perbatasan Indonesia-Australia.

Selanjutnya, ke-12 nelayan dijemput oleh tim Lanal Pulau Rote, dipimpin oleh Letda Lamek untuk menuju Perairan Papela, Rote Timur. Saat tiba, ke-12 nelayan disambut oleh Danlanal Pulau Rote Letkol (Mar) Nikodemus Balla. Lalu, mereka menuju Pos TNI AL Papela untuk diberikan pengarahan dan pengecekan kesehatan.

Baca Juga: KSAL Bahas Kerja Sama Pertahanan dengan Tiga Pimpinan AL Negara Sahabat

“Saya mengimbau agar masyarakat nelayan untuk tidak melaut, apabila sedang terjadi cuaca buruk,” ujar Nikodemus. (at)

BERITA TERBARU

INFRAME

Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024

Peserta kategori IPSC Level III mengikuti Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024 di Lapangan Tembak Djamsuri, Wing Komando 1 Kopasgat, Jakarta, Jumat (7/6). Perlombaan tersebut mengangkat tema "Kualitas dan Prestasi adalah Kehormatan".

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER