Selasa, 25 Juni 2024

KSAU Tegaskan Super Hercules C-130J Siap Perkokoh Kekuatan Angkut TNI AU Mulai Maret 2023

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo menghadiri acara first delivery pesawat Super Hercules C-130J di pabrik Lockheed Martin Marietta, Georgia, Amerika Serikat, Senin (21/2).

Dengan demikian, maka Fadjar memastikan bahwa unit pertama pesawat pesanan TNI AU tersebut akan tiba di tanah air pada 6 Maret 2023.

“Insya Allah, pesawat akan sampai di Indonesia tanggal 6 Maret 2023 yang diterbangkan oleh pilot dari Lockheed Martin pada 28 Februari 2023,” ungkapnya.

Sebanyak tiga penerbang TNI AU disebut KSAU juga akan turut dalam penerbangan dari AS menuju Indonesia. Nantinya pesawat ini akan ditempatkan di Skadron Udara 31 Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Hercules
Badan pesawat Super Hercules C-130J dengan tulisan TNI Angkatan Udara yang akan diterbangkan dari Amerika Serikat menuju Indonesia. (Foto: Dok. Dispenau)

Secara total, TNI AU akan menambah lima unit pesawat C-130J Super Hercules yang akan datang secara bertahap, mulai Maret, Juni, Juli, dan Oktober 2023, kemudian disusul pengiriman unit terakhir pada Januari 2024.

Dikutip dari keterangan Dispenau, penyerahan first delivery C-130J dilakukan oleh Mr. Rod Mc Lean, Vice President & General Management for mobility and Maritime Mission Lockheed Martin, serta disaksikan Dubes RI Luar Biasa dan Berkuasa Penuh RI untuk AS, Rosan Roslani serta Sekjen Kemhan Marsdya TNI Donny Ermawan.

Kehadiran C-130J semakin menambah kekuatan transportasi angkut berat TNI AU. Pasalnya, pesawat ini memiliki sejumlah kemampuan yang mumpuni. Mengutip keterangan Lockheed Martin, pesawat angkut taktis ini memiliki kemampuan seperti pengisian bahan bakar dalam penerbangan, pengisian bahan bakar di darat, observasi cuaca, hingga peperangan elektronik.

KSAU
KSAU Marsekal TNI Fadjar Praseto berfoto dari kokpit pesawat Super Hercules C-130J. (Foto: Dok. Dispenau)

Tidak sampai disitu, C-130J juga dapat dikerahkan untuk evakuasi medis, pencarian dan penyelamatan, terjun payung, misi matitim, dan operasi khusus.

Baca: Menyongsong Kekuatan Angkut Modern TNI AU, Unit Pertama Super Hercules C-130J Tiba Awal Maret 2023

Seri C-130J juga diklaim menggabungkan sejumlah teknologi canggih yang dapat mengurangi kebutuhan tenaga pekerja, biaya operasi atau dukungan lainnya, serta menghemat biaya siklus operasional jika dibandingkan dengan model C-130 sebelumnya.

Pesawat ini juga dilengkapi dengan sistem pertahanan yang terintegrasi sepenuhnya, radar warna berdaya rendah, tampilan peta bergerak digital, mesin turboprop terbaru dengan baling-baling yang semuanya komposit, serta navigasi canggih yang mencakup sistem navigasi inersia ganda dan GPS. (yas)

BERITA TERBARU

INFRAME

Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024

Peserta kategori IPSC Level III mengikuti Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024 di Lapangan Tembak Djamsuri, Wing Komando 1 Kopasgat, Jakarta, Jumat (7/6). Perlombaan tersebut mengangkat tema "Kualitas dan Prestasi adalah Kehormatan".

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER