Jumat, 14 Juni 2024

KSAL Apresiasi Rencana Pemberian Tiga Kapal Perang Korvet Korea Selatan

BACA JUGA

Jakarta,IDM – Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono melaksanakan pertemuan secara daring dengan Kepala Staf Angkatan Laut Korea Selatan Admiral Kim Jung-Soo di Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur (19/01). Pertemuan ini guna membahas kerja sama berbagai bidang antar Angkatan Laut kedua negara Asia.

Yudo yang didampingi Asintel KSAL Laksda TNI Angkasa Dipua, Asops KSAL Laksda TNI Dadi Hartanto dan beberapa staf menyampaikan terima kasih atas undangan video conference Courtesy Call KSAL Korea Selatan ke TNI AL untuk membahas berbagai hal penting terkait kerja sama kedua Angkatan Laut yang perlu ditingkatkan di berbagai bidang terutama bidang operasi dan latihan termasuk teknologi kapal selam.

TNI AL akan memfasilitasi dan mendukung kedatangan para ahli kapal selam Korea ke Indonesia dan akan mendukung kegiatan mereka dalam rangka inspeksi, pemeliharaan, dan pelatihan kapal selam termasuk pertukaran perwira yang sedang melaksanakan pendidikan di kedua negara.

(Dok Dispenal)

Pada pertemuan tersebut, Yudo mengucapkan selamat kepada Laksamana Kim Jung-Soo atas jabatan barunya sebagai Kepala Staf Angkatan Laut Korea Selatan dan berharap di bawah kepemimpinan Laksamana Kim Jung-Soo, kerja sama antar Angkatan Laut tetap terjaga dan ditingkatkan.

Yudo mengatakan, TNI AL akan menyambut kedatangan kapal korvet Angkatan Laut Korea di Indonesia dan siap bekerjasama dalam melaksanakan latihan, operasi maupun pengecekan terhadap kapal tersebut yang rencananya akan dihibahkan ke Indonesia.

“Saya berterima kasih dan mengapresiasi atas perhatian Korea yang berencana untuk menghibahkan 3 kapal perang korvetnya untuk memperkuat TNI AL yang merupakan satuan kapal khusus dari Korea,” ucap Yudo.

Dalam pertemuan tersebut, Kim mengucapkan belasungkawa yang mendalam atas musibah yang dialami KRI Nanggala beserta awaknya pada tahun 2021 lalu. Selain itu, pihaknya juga menyampaikan akan memprioritaskan program kedatangan tim ahli kapal selam yang akan datang ke Indonesia untuk mendukung, melatih dan menginspeksi kapal selam buatan Korea.

Berkaitan dengan hibah kapal korvet Korea ke Indonesia, Kim menyampaikan berdasarkan arahan dari Kemenhan Korea, Korea akan menghibahkan kapal korvet ke Indonesia yang akan dikirim ke Indonesia untuk melakukan pelayaran dan kunjungan ke Indonesia.

“Pemberian hibah suatu kapal perang membutuhkan proses yang panjang dan pertimbangan, apalagi sejumlah 3 buah, sehingga perlu untuk memproses keinginan Laksamana Yudo tersebut, namun usulan permintaan hibah tersebut tetap akan diteruskan kepada Kemenhan,” kata Kim.

Rencananya, Kim akan datang ke Indonesia untuk melaksanakan kunjungan kerja di bulan Februari 2022 dan berharap juga dapat mengunjungi tempat-tempat yang menarik di Indonesia selama kunjungan kerja tersebut. (nhn)

BERITA TERBARU

INFRAME

Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024

Peserta kategori IPSC Level III mengikuti Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024 di Lapangan Tembak Djamsuri, Wing Komando 1 Kopasgat, Jakarta, Jumat (7/6). Perlombaan tersebut mengangkat tema "Kualitas dan Prestasi adalah Kehormatan".

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER