Selasa, 25 Juni 2024

Korut Luncurkan Rudal Balistik Antarbenua

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Korea Utara (Korut) menembakkan sebuah rudal balistik antarbenua yang jatuh di Laut Timur, Jumat (18/11). Korut pun membuat pernyataan bahwa peluncuran rudal mereka merupakan bentuk peringatan terhadap aktivitas militer AS dan sekutu yang semakin kuat di Semenanjung Korea.

Dilansir dari AP, Jumat (18/11), Menhan Jepang Yasukazu Hamada mengatakan bahwa Korut meluncurkan rudal balistik antarbenua yang terbang hingga 1000 km pada ketinggian sekitar 6000 km. Rudal tersebut mendarat di Laut timur, berjarak sekitar 200 km dari sebuah pulau di Utara Hokaido. Menurutnya, rudal tersebut berpotensi mencapai AS dengan jangkauan melebihi 15000 km.

Pada awal November, Korut juga pernah meluncurkan tes uji rudal serupa yang diperkirakan jenis Hwasong-17, dengan jangkauan potensial yang lebih panjang daripada yang lain dan ukurannya yang besar menunjukkan bahwa ia dirancang untuk membawa beberapa hulu ledak nuklir untuk mengalahkan sistem pertahanan rudal.

Peluncuran rudal ini merupakan yang kedua kali berturut-turut. Rudal pertama diluncurkan setelah Menlu Korut Choe Son Hui mengkritik AS, Jepang dan Korea Selatan (Korsel) yang melakukan pertemuan trilateral di sela KTT G20 Bali. Dalam pertemuan itu, ketiga negara sepakat untuk memperkuat kerja sama untuk menghadapi ancaman keamanan regional, khususnya pengembangan nuklir Korut.

Baca: Jepang dan Cina Pererat Hubungan Bilateral

Dilansir dari KCNA, Kamis (17/11), Choe menyatakan bahwa “Semakin mereka mengintensifkan kegiatan militer yang provokatif dan menggertak di kawasan semenanjung Korea, akan semakin sengit serangan balasan militer Korut, berbanding lurus dengan itu, yang akan menimbulkan ancaman yang lebih serius, realistis bagi AS, Jepang dan Korsel.” (bp)

BERITA TERBARU

INFRAME

Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024

Peserta kategori IPSC Level III mengikuti Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024 di Lapangan Tembak Djamsuri, Wing Komando 1 Kopasgat, Jakarta, Jumat (7/6). Perlombaan tersebut mengangkat tema "Kualitas dan Prestasi adalah Kehormatan".

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER