Selasa, 5 Maret 2024

Konflik Dengan Kosovo Terus Berlanjut, Serbia Minta Bantuan Perdamaian NATO

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Komandan militer Serbia mendesak NATO dan badan internasional lainnya untuk segera meningkatkan langkah-langkah konkrit dalam melindungi etnis Serbia di Kosovo. Menurutnya, organisasi internasional tersebut belum memenuhi kewajiban dan tugasnya dalam menyelesaikan konflik di Kosovo.

Dilansir dari Reuters, Sabtu (24/6), Jenderal Milan Mojsilovic menyatakan bahwa konflik Serbia-Kosovo terus meningkat sehingga ia meminta bantuan penyelesaian dari NATO. Sebab, pembicaraan antara kedua negara yang di mediasi oleh Uni Eropa tidak menghasilkan jalan keluar pada beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Fregat Admiral Essen Rusia Dicat Abu-abu untuk Kelabuhi Militer Ukraina

“Kami telah memberi tahu komandan KFOR bahwa langkah mendesak harus diambil untuk melindungi rakyat Serbia. Hari ini jelas masyarakat internasional tidak memenuhi kewajibannya,” kata Mojsilovic.

Dalam pernyataan terpisah, Menteri Dalam Negeri Kosovo Xhelal Svecla melaporkan situasi di Beograd yang intens dan sebuah mobil ditemukan membawa berbagai persenjataan seperti alat peledak dan senjata otomatis.

Baca Juga: PBB Desak Israel Akhiri Konflik dengan Palestina

Ketegangan konflik Kosovo-Serbia melonjak ketika polisi Serbia menangkap tiga aparat keamanan Kosovo karena disebut telah melintasi perbatasan antara kedua negara secara ilegal pada beberapa waktu lalu. Pristina mengatakan mereka ditangkap di dalam Kosovo.

Sementara, konflik ini dipicu oleh aksi boikot pemilu lokal di empat kotamadya yaitu Zvecan, Zubin Potok, Leposavic dan Mitrovica Utara, bagian utara Kosovo. Sekitar 50.000 etnis Serbia yang tinggal di empat kotamadya di Kosovo utara menolak hasil pemungutan suara pemilihan walikota terbaru sebagai protes atas tuntutan mereka terkait hak otonomi tidak dipenuhi. (bp)

BERITA TERBARU

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER