Kamis, 30 Mei 2024

Keris Marex-23: Marinir TNI AL dan AS Latihan Taktik Patroli Tempur

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Prajurit Korps Marinir TNI AL dan Amerika Serikat (US Marine Corps) melaksanakan materi latihan Subject Matter Expert Exchange (SMEE) dalam Keris Marex 2023 di Sukabumi, Jumat (24/11).

Dikutip dari keterangan Dispen Kormar, Sabtu (25/11), pada latihan tersebut prajurit Korps Marinir kedua negara saling bertukar informasi materi-materi tempur terbaru, yakni patroli tempur, penyergapan, dan penghadangan.

Latihan diawali pemberian materi dan pertukaran taktik tempur melalui pelajaran dan dilanjutkan dengan drill di lapangan yang dilaksanakan setiap tim agar lebih mudah untuk mengaplikasikan di lapangan.

Baca Juga: PT PAL Persiapkan Kapal Rumah Sakit KRI Dr. Radjiman Wedyodiningrat-992 ke Palestina

Danyonif 4 Marinir Letkol (Mar) Arief Bastian Sanusi Chaniago, mengatakan latihan SMEE ini selain meningkatkan kerja sama di bidang pertahanan kedua negara, sekaligus untuk kemampuan perencanaan pertempuran dari tiap elemen.

Prajurit Korps Marinir
(Foto: Dok. Dispen Kormar)

“Hasil latihan dan kerja keras para peserta latihan selama melaksanakan latihan, akan meningkatkan hubungan baik kedua negara khususnya Korps Marinir TNI AL dan USMC,” ujar Arief yang juga selaku Dansatgas Keris Marex 2023.

“Harapannya latihan bersama ini dapat dilaksanakan secara berkesinambungan di masa yang akan datang,” lanjutnya.

Baca Juga: Kapten Pnb Asido “Rango” Sabet Penghargaan Tertinggi di RAAF Flying Instructors Course

Sebelumnya, sebanyak 150 prajurit Korps Marinir TNI AL dan 150 anggota pasukan US Marine Corps, khususnya Marine Rotational Force-Southeast Asia mengikuti latihan bersama Keris Marex-23 yang akan berlangsung dari 23 November-11 Desember.

Pada tahun ini, Marinir Indonesia dan Amerika saling berlatih bersama untuk meningkatkan kemampuan pertahanan pesisir, menembak, senjata multikru, dan kemampuan sistem pertahanan udara gabungan tanpa awak. (at)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER