Sabtu, 15 Juni 2024

Pangkostrad Lepas Liar Elang Brontok dan Elang Ular di Gunung Sanggabuana

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Panglima Kostrad (Pangkostrad) Letjen TNI Maruli Simanjuntak, bersama pejabat Pemkab dan Forkopimda Kabupaten Karawang melepasliarkan satwa langka dilindungi di Detasemen Pemeliharaan Daerah Latihan (Denharrahlat) Kostrad Sanggabuana, Karawang, Jawa Barat. Kamis (23/11/2023).

Dilansir keterangan Penkostrad, Jumat, (24/11) satwa langka tersebut yaitu dua ekor Elang Brontok dan dua ekor Elang Ular, termasuk 104 ekor burung Kutilang dan Tekukur.

Baca Juga: Perdana Ikuti Latma Keris Marex, Marine Expeditionary Unit Latih Kemampuan Perang Hutan

“Pangkostrad juga melaksanakan kegiatan penanaman 10.000 pohon,” tulis keterangan Penkostrad.

Adapun Luas lahan yang akan dimanfaatkan untuk penghijauan 500 HA. Berada di wilayah Sempur, Parakan dan Cijayanti. Lahan tersebut akan ditanami berbagai jenis pohon buah dan keras produktif sejumlah 10.000 pohon secara bertahap di antaranya Merbau, Ketapang, Mangga, Jeruk, Jambu, Nangka, Pete, Kedongdong, Duren, Rambutan, Kelengkeng, Sukun, Manggis, Sawo, Alpukat dan Beringin.

Baca Juga: Taifib Marinir Adu Skill Menembak Combat Marksmanship dengan US Marine

Dalam sambutannya, Pangkostrad menyambut baik atas terselenggaranya kegiatan pelepasan burung langka dan penghijauan yang dilaksanakan hari ini. Disatu sisi penghijauan merupakan suatu upaya untuk mengembalikan dan meningkatkan efektifitas lahan agar dapat berfungsi dengan baik dan optimal.

“Penghijauan juga merupakan sarana untuk melestarikan lingkungan, mengurangi pencemaran, mencegah banjir dan erosi tanah. Selain itu juga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat karena memberi nilai tambah ekonomi pada lahan yang kurang produktif untuk ditanami berbagai jenis pohon komoditas,” kata Pangkostrad. (rr)

BERITA TERBARU

INFRAME

Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024

Peserta kategori IPSC Level III mengikuti Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024 di Lapangan Tembak Djamsuri, Wing Komando 1 Kopasgat, Jakarta, Jumat (7/6). Perlombaan tersebut mengangkat tema "Kualitas dan Prestasi adalah Kehormatan".

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER