Selasa, 21 Mei 2024

HMS Triumph, Kapal Selam Inggris Era Perang Dunia II ditemukan di Yunani

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Setelah menghilang lebih dari 80 tahun, bangkai kapal selam Inggris HMS Triumph yang tenggelam bersama seluruh awak kapal era Perang Dunia II ditemukan di lepas pantai Yunani beberapa waktu lalu.

Dilansir dari CBS, Jumat (16/6), penyelam senior Kostas Thoctarides mengatakan bahwa ia bersama tim nya menemukan kapal itu di kedalaman 670 kaki di lokasi yang dirahasiakan sekitar Laut Aegea.

Baca Juga: Terduga Penyebar Dokumen Rahasia AS Dinyatakan Bersalah

Ia menjelaskan, Pencarian kapal selam HMS Triumph itu dimulai pada tahun 1998 dan merupakan misi terberat yang pernah ia lakukan. Dia memposting video dan gambar kapal karam melalui Facebooknya, menunjukkan kondisi kemudi, kompas, dan meriam yang dilapisi karat.

Thoctarides mengatakan timnya juga menemukan torpedo yang masih melekat di kapal. Bahkan, beberapa torpedo yang hancur tersebar tidak jauh dari kapal selam tersebut.

Baca Juga: Terpojok di Medan Perang, Tentara Rusia Putuskan Menyerahkan Diri ke Ukraina

“Fakta ini membuat kami percaya bahwa Triumph menembakkan lebih dari satu torpedo selama misi terakhirnya,” kata Thoctarides.

Sebelum tenggelam, HMS Triumph dilaporkan sedang dalam misi rahasia untuk menyelamatkan sekitar 30 tentara Inggris yang melarikan diri dari penjaga Jerman di lepas pantai Yunani pada Januari 1942. Namun, kapal tersebut tidak pernah muncul kembali dan dinyatakan tenggelam bersama 64 awak di dalamnya. (bp)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER