Sabtu, 15 Juni 2024

Helikopter H-225M, Alutsista Baru TNI AU untuk Operasi Tempur dan Kemanusiaan

BACA JUGA

Jakarta, IDM – TNI Angkatan Udara (TNI AU) bakal diperkuat dengan alat utama sistem persenjataan (alutsista) baru berupa 8 helikopter jenis H-225M. Helikopter angkut berat ini nantinya akan dioperasionalkan oleh Skadron Udara 8, Lanud Atang Sendjaja Bogor.

“Helikopter H-225M dikembangkan oleh Eurocopter Group sebagai generasi terbaru dalam keluarga Super Puma. Airbus Helicopters H-225M membawa berbagai fitur yang canggih dan unggul, menjadikannya sebagai helikopter transport jarak jauh yang sangat efisien,” tulis TNI AU dilansir dari keterangan foto dalam instagram @militer.udara, Senin (27/11).

Baca Juga: TNI AD Juara Umum di Lomba Tembak ASEAN Armies Rifle Meet

Helikopter ini nantinya akan difungsikan untuk mendukung sejumlah tugas pokok TNI AU, baik dalam operasi militer perang (OMP) maupun operasi militer selain perang (OMSP).

Helikopter Angkut Berat H-225M
(Foto: Dok. Instagram @militer.udara)

H-225M merupakan helikopter angkut militer yang dapat digunakan untuk mengangkut pasukan serta logistik; pertolongan medis udara (PMU); pencarian dan penyelamatan (SAR); combat search and rescue (CSAR); penerbangan VIP/VVIP; PMU; dropping terjun payung; sling operation; rocketing and gunnering; water bombing; air refueling; serta berbagai misi lainnya.

Helikopter ini mampu terbang hingga 324 km/jam dengan ketinggian terbang mencapai 5.343 m atau 4.110 kaki dan jarak tempuh sejauh 920 km. Sementara itu, beban maksimal yang dapat diangkut mencapai 11.200 kg atau 24.692 lb. Dengan external load yang dimiliki helikopter ini maka hal tersebut memberikan fleksibilitas dalam melaksanakan berbagai misi operasi angkutan udara.

Baca Juga: Potret Prajurit Yonif 754/ENK Kostrad Pamer Bela Diri Taktis di Papua

“Helikopter H225M ini dirancang untuk dapat diawaki dua kru (pilot dan kopilot) dan satu Juru Mudi Udara, serta mampu menampung 28 pasukan, ditenagai sepasang mesin turboshaft Makila 2A1 buatan Turbomeca yang masing-masing berdaya 2.156 shp,” tulis TNI AU.

Kementerian Pertahanan rencananya akan melakukan serah terima helikopter ini kepada TNI AU, setelah melalui proses re-assembly di PT Dirgantara Indonesia (PTDI) pada akhir bulan November 2023. (yas)

BERITA TERBARU

INFRAME

Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024

Peserta kategori IPSC Level III mengikuti Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024 di Lapangan Tembak Djamsuri, Wing Komando 1 Kopasgat, Jakarta, Jumat (7/6). Perlombaan tersebut mengangkat tema "Kualitas dan Prestasi adalah Kehormatan".

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER