Kamis, 30 Mei 2024

Harbour Clearance, Pastikan Kondisi KRI Aman di Area Sandar

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Dinas Penyelamatan Bawah Air (Dislambair) Koarmada II menggelar latihan Harbour Clearance yang berlangsung dari 3-12 April di Selat Madura, Jawa Timur.

Latihan yang dipimpin oleh Kadislambair Koarmada II Kolonel Laut (T) Yudha Pia, bertujuan meningkatkan kemampuan pengoperasian alat deteksi dan demolisi bawah air serta mempersiapkan diri jika mendapat tugas operasi Harbour Clearance.

Baca Juga: Asah Kemampuan Prajurit, Yonarmed 6 Kostrad Gelar Latnis

Harbour Clearance adalah suatu operasi penyelam TNI AL yang bertujuan melakukan survey and underwater inspection terhadap kondisi dermaga yang akan dilalui atau menjadi area sandar unsur KRI dalam suatu dermaga atau pangkalan.

TNI AL
(Foto: Dok. Dispen Koarmada II)

Apabila ditemukan objek atau benda yang menghalangi, menghambat, bahkan mengancam unsur KRI, maka akan dilaksanakan netralisasi terhadap objek dan underwater repair oleh tim penyelam TNI AL.

Baca Juga: Dankodiklatal dan Waaspotmar KSAL Bahas Persiapan Komcad TNI AL 2023

Dalam skenario latihan kali ini, penyelam TNI AL Dislambair melaksanakan survey and inspection area dermaga pangkalan basis Koarmada II menggunakan Side Scan Sonar.

Kemudian, ditemukan objek yang selanjutnya diidentifikasi menggunakan Remotely Operated Vehicle (ROV) dengan hasil diasumsikan objek mengancam alur atau laju KRI, sehingga harus dinetralisasi atau demolisi bawah air. (at)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER