Sabtu, 25 Mei 2024

E-pipakabel: Sistem Digitalisasi untuk Pengelolaan Pipa Kabel Bawah Laut

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Pada bulan kemarin, Komandan Pusat Hidro-Oseanografi TNI AL (Danpushidrosal) Laksamana Madya TNI Nurhidayat, mengungkapkan bakal meluncurkan aplikasi e-pipakabel untuk mendukung pemasangan pipa dan kabel bawah laut yang lebih tertata.

Aplikasi tersebut baru saja diresmikan oleh Menteri Koordinator Bidan Kemaritiman dan Investasi (Menkomarves) RI Luhut Binsar Pandjaitan di Pushidrosal, Ancol Timur, Jakarta, Senin (6/3).

Mengutip dari keterangan pers Pushidrosal, Kamis (9/3), e-pipakabel ialah aplikasi sistem informasi yang memudahkan proses monitoring sebagai bentuk transparansi dalam tahapan pelaksanaan mekanisme penyelenggaraan pendirian dan atau penempatan bangunan dan instalasi di laut.

Baca Juga: Terima Panglima Angkatan Bersenjata Singapura, Prabowo Dukung Peningkatan Kerja Sama Militer bagi Stabilitas Kawasan

“E-pipakabel adalah penjabaran dan implementasi dari Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 42 tahun 2022,” demikian keterangan Pushidrosal.

Peresmian e-pipakabel ini dikarenakan kondisi jalur pipa atau kabel bawah laut di seluruh wilayah perairan Indonesia masih belum tertata rapi, sehingga dapat menimbulkan masalah teknis, keselamatan pelayaran, pertahanan dan keamanan, perlindungan lingkungan laut serta aspek politis.

“Dapat menimbulkan disefisiensi pemanfaatan ruang laut, secara realita kondisi pipa atau kabel bawah laut yang tergelar dapat dilihat dalam peta laut Indonesia,” jelas keterangan tersebut.

Baca Juga: Atlet Panahan Korps Marinir Raih Prestasi di Selangor Malaysia
 
Hal tersebut membuat pemerintah mengupayakan menata kondisi pipa dan kabel bawah laut. Penataan alur pipa dan kabel bawah laut di Indonesia yang saat ini dilakukan pemerintah, bertujuan menata ruang wilayah laut Indonesia agar bisa dimanfaatkan secara optimal.

“E-pipakabel akan memudahkan proses monitoring sebagai bentuk transparansi dalam tahapan pelaksanaan mekanisme penyelenggaraan pendirian instalasi di laut,” ujar keterangan Pushidrosal. (at)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER