Selasa, 27 Februari 2024

Dua KRI TNI AL Passing Exercise Bersama Kapal Destroyer AS di Bali

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Dua KRI dari Satuan Kapal Eksorta (Satkor) Koarmada II mendapatkan tugas untuk drill bersama kapal perang destroyer Amerika Serikat (AS) di Selat Badung, Bali, Senin (21/8).

Dikutip dari keterangan Dispen Koarmada II, Rabu (22/8), KRI Sultan Hasanuddin-366 dan KRI Tombak-629 melaksanakan passing exercise dengan USS Howard (DDG-83).

Baca Juga: Prosesi Injak Piring Sambut Kedatangan Pangdam XVIII Kasuari yang Baru

Passing exercise adalah latihan untuk menyambut dan mengantarkan kapal perang asing yang akan masuk dan meninggalkan Indonesia. Latihan ini dilaksanakan TNI AL untuk mengantarkan USS Howard (DDG-83) yang melintasi laut teritorial Indonesia.

KRI Sultan Hasanuddin-366 dan KRI Tombak-629
(Foto: Dok. Dispen Koarmada II)

Ketiga kapal perang dari kedua angkatan laut itu melaksanakan passing exercise sebagai ajang meningkatkan diplomasi dan latihan bersama antarnegara serta pengamanan pelayaran selama berada di perairan Indonesia.

Sebelumnya, 15 prajurit kru kapal perang USS Howard (DDG-83) yang dipimpin Letnan Komandan Kenji Igawa, berkesempatan hadir pada upacara kemerdekaan Indonesia di Benoa, Bali, Kamis (17/8) lalu.

Baca Juga: Dankormar Dampingi KSAL Tinjau Lokasi Pembangunan Mabesal di IKN

USS Howard (DDG-83) merupakan kapal destroyer ke-33 dari kelas Aleirgh Burke. Kapal perang Angkatan Laut AS ini memiliki panjang 155 meter dengan berat 9.200 ton. Terdapat 11 senapan mesin kaliber 50 yang diletakkan di setiap sisi kapal berkecepatan lebih dari 30 knot ini.

Kapal berawak lebih dari 300 orang ini dilengkapi dengan empat helikopter tipe SH 60 Seahawk yang dipersenjatai dengan torpedo MK 46 dan rudal Hellfire. USS Howard (DDG-83) juga memiliki peluncur roket jarak pendek MK 15 di hidung kapal. Peluncur roket jarak dekat ini mampu menembak hingga 300 meter. (at)

BERITA TERBARU

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER