Senin, 4 Maret 2024

Detik-detik Satgas Operasi Damai Cartenz Evakuasi 15 Pekerja di Papua

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Satuan tugas (Satgas) gabungan TNI-Polri Operasi Damai Cartenz berhasil mengevakuasi 15 pekerja pembangunan Puskesmas di Distrik Paro, Ndunga, Papua, Rabu, (8/2).

Para pekerja ini sebelum sempat diancam oleh Kelompok Separatis Teroris (KST) pimpinan Egianus Kagoya.

Dilansir dari Viva, Kamis, (9/2) Komandan Korem 172/PWY Brigjen TNI J.O. Sembiring membenarkan keberhasilan upaya penyelamatan terhadap belasan warga sipil tersebut.

Danrem pun mengucapkan terimakasih kepada masyarakat Nduga yang turut membantu dalam proses evakuasi para pekerja bangunan tersebut.

“Terimakasih kepada masyarakat yang telah membantu penyelamatan 15 orang pekerja yang telah disandera KST pimpinan Egianus Kogoya,” kata Danrem.

Sementara itu dalam sebuah video yang beredar di media sosial, seperti diunggah akun instagram @infokomando.official, detik-detik evakuasi ini tergambar jelas. Satgas gabungan ini terlihat sigap dan tanggap.

15 warga tersebut sudah menunggu di sebuah tanah lapangan dijemput dengan helikopter. Bersenjata lengkap, satgas gabungan ini mendekati para pekerja dan perlahan-lahan memasukkan mereka ke dalam helikopter yang terus dalam keadaan siaga siap terbang.

Baca: Bahas Super Garuda Shield 2023, Wadan Kodiklatal Terima Kunjungan Dirlat Kodiklat TNI

Ketika pekerja tersebut masuk ke helikopter terlihat personel satgas lainnya siaga tetap mengarahkan senjatanya ke sasaran sekitar landasan helikopter. Mereka bersiap-siap mencegah serangan tiba-tiba.

Terlihat juga proses penjemputan para pekerja ini dilakukan secara bertahap, satu tahap berangkat dahulu kemudian helikopter kembali menjemput lagi. Para satgas pun terbagi jadi dua kelompok di helikopter dan di lokasi landasan. (rr)

BERITA TERBARU

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER