Sabtu, 2 Maret 2024

Danlantamal V dan Ditjen Pothan Kemhan Bahas Sosialiasi Komcad 2023

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) V Laksamana Pertama TNI Supardi bersama Sekretaris Direktorat Jenderal Potensi Pertahanan Kementerian Pertahanan (Sesditjen Pothan Kemhan) Laksamana Pertama TNI Sri Yanto menggelar sosialisasi UU nomor 23 tahun 2019 di Surabaya, Selasa (10/1).

Dalam sosialisasi UU nomor 23 tahun 2019 tentang pengelolaan sumber daya nasional untuk pertahanan negara tersebut diaktualisasikan dalam bentuk sosialisasi Komponen Cadangan (Komcad) oleh tim Ditjen Pothan Kemhan di wilayah Lantamal V yang dilaksanakan selama tiga hari, yakni 10-12 Januari 2023.

Dalam sambutannya, Supardi menjelaskan Komcad dibentuk dengan tujuan memperkuat dan memperbesar kemampuan dan kekuatan TNI sebagai komponen utama, dalam upaya penyelenggaraan pertahanan negara.

“Untuk menjaga dan melindungi kedaulatan negara, keutuhan wilayah NKRI dan keselamatan segenap bangsa dari segala ancaman yang dilaksanakan berdasarkan kebijaksanaan Presiden,” jelasnya dikutip dari laman resmi TNI AL, Jumat (13/1).

Baca: Tinjau Konflik Antar-nelayan, Danlanal Bintan Patroli ke Pulau Tunjuk

Sementara itu, Sri Yanto dalam paparannya menyampaikan perekrutan Komcad 2023 ini dimulai dari Januari-April berupa tahap pendaftaran. Kemudia, tahap seleksi dilaksanakan pada Mei.

“Sedangkan pendidikan dan pelatihan dasar militer kdilaksanakan selama tiga bulan, mulai Juni sampai Agustus 2023,” ungkap Sri Yanto. (at)

BERITA TERBARU

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER