Rabu, 28 Februari 2024

Bakamla RI Latihan Bersama Singapura dan AS di Kepulauan Riau

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Kapal Bakamla RI yakni KN Belut Laut-406 gelar latihan bersama atau Passing Exercise (PASSEX) dengan Kapal Republic of Singapore Navy dan US Coast Guard di perairan utara Tanjung Berakit, Kepulauan Riau, Selasa (23/5).

Mengutip keterangan dari Bakamla RI, Kepala Zona Bakamla Barat Laksma Bakamla Syufenri mengatakan latihan bersama ini digelar guna meningkatkan kemampuan personel Bakamla RI dalam mengawaki kapal.

Baca Juga: Wakil KSAD Tinjau Latihan Pratugas Yonif PR 330/Tri Dharma Sebelum Berangkat ke Papua

“PASSEX dilakukan sebagai sarana peningkatan kemampuan personel Bakamla RI dengan instansi terkait dalam mengasah kemampuan mengawaki kapal guna menunjang tugas mengamankan perairan Indonesia,” kata Syufenri, Rabu (24/5).

Selain itu, latihan yang dipimpin oleh Letkol Bakamla Muhammad Avessina juga dilaksanakan untuk mempertajam kemampuan personel. Adapun sejumlah bentuk latihan yang mesti dijalani setiap personel diantaranya radio check, photo excercise serta flaghoist atau latihan kibaran isyarat bendera.

Baca Juga: Waasops KSAU Tinjau Pelaksanaan Latihan Counter Sea Tactics di Lanud Iswahjudi

“Gunanya adalah sebagai sarana untuk memperdalam pengetahuan komunikasi dengan isyarat bendera dan semaphore bagi para awak kapal,” ujarnya.

Berdasarkan laporan terakhir, latihan yang dilakukan di tiga negara tersebut berlangsung lancar dengan kondisi material dan personil dalam keadaan aman. (un)

BERITA TERBARU

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER