Kamis, 30 Mei 2024

Bakamla Buka Latma Penjagaan Keamanan, Keselamatan dan Penegakan Hukum Laut di Ambon

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Badan Keamanan Laut (Bakamla) resmi membuka Latihan Bersama (Latma) Posko Keamanan, Keselamatan dan Penegakan Hukum (KKPH) di Laut Wilayah Timur Tahun 2024.

Mengutip keterangan Puspen TNI, Selasa (20/2), pembukaan dipimpin oleh Direktur Latihan Bakamla RI, Laksma Bakamla Bambang Trijanto di Ambon, Senin (19/2).

Bambang mengatakan latihan ini sangat penting karena permasalahan di laut kini semakin kompleks. Ia menyebut keamanan laut menjadi tanggungjawab bersama.

Baca Juga: Kaskoopsudnas Tinjau Kesiapan Latihan ‘Maverick’ hingga Pembangunan Simulator Rafale di Lanud Roesmin Nurjadin

“Berbagai permasalahan di laut sudah tidak bersifat tradisional lagi, melainkan transnational organized crime dan memerlukan perhatian bersama,” ujar Bambang.

“Tanggung jawab ini tidak bisa diemban oleh suatu instansi tertentu, perlunya menyinergikan seluruh kemampuan instansi-instansi yang memiliki kewenangan di laut, sehingga upaya KKPH dapat terlaksana secara optimal, salah satunya dengan mengadakan Latihan Bersama ini,” sambung dia.

Adapun latihan KKPH ini digelar sepanjang periode 19 hingga 22 Februari 2024. Kegiatan ini melibatkan 40 peserta. Selain Bakamla, sejumlah instansi lain yang ikut terlibat di antaranya TNI AL, Polri, Kementerian Perhubungan, hingga Basarnas.

Baca Juga: Pangdam Kasuari Bangga Nama Pahlawan Papua Jadi Nama Rumah Sakit yang Diresmikan Presiden

Sepanjang latihan, peserta akan mendapat banyak paparan informasi meliputi gambaran umum patroli bersama Bakamla RI, hingga Penegakan Hukum di Wilayah Perairan Indonesia.

Lebih dari itu, sejumlah materi seputar kebijakan dan strategi penanganan penyelundupan manusia, manajemen Search and Rescue (SAR) hingga pencegahan serta penindakan pencemaran laut juga turut dipelajari para peserta. (un)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER