Sabtu, 20 April 2024

Asex-01 Natuna: TNI AL Kerahkan Fregat Ringan Multiperan dan Kapal Bantu Rumah Sakit

BACA JUGA

Jakarta, IDM – TNI AL mempersiapkan dua kapal perang Republik Indonesia (KRI) untuk mengikuti latihan bersama ASEAN Solidarity Exercise (Asex-01) Natuna, Batam, Senin (18/9).

Dikutip dari Instagram @puspentni, Rabu (20/9), dua KRI itu dikerahkan sebagai wujud diplomasi yang menunjukkan TNI AL selalu siaga (naval present) mengamankan wilayah terluar perairan Indonesia.

Baca Juga: Ini Fakta Hilangnya Pesawat Tempur F-35 AS Saat Latihan

Kedua kapal tersebut adalah KRI dr Radjiman Wedyodiningrat-992. Pada sesi latihan Asex-01 Natuna nanti, kapal ini dijadikan sebagai rumah sakit terapung, karena memiliki perangkat yang setara dengan Rumah Sakit Tipe-C.

Sementara itu, KRI John Lie-358 yang merupakan kapal perang jenis Multi Role Light Frigate (MRLF) juga dikerahkan dalam latihan bersama yang digelar dari 18-23 September ini.

Baca Juga: Gandeng Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, Spotdirga TNI AU Gelar ‘Semarak Dirgantara 2023’

Kapal perang dengan berat 1.940 ton, panjang 95 meter, dan lebar 12,8 meter ini memiliki empat mesin Man B&W ruston diesel engine yang dapat menyemburkan tenaga hingga kecepatan mencapai 30 knot dengan daya jelajah 9.000 km.

Asex 01-Natuna pertama kalinya digelar di Indonesia lewat gagasan Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono. Latihan non-militer ini akan menggabungkan patroli gabungan maritim, evakuasi medis serta pencarian dan penyelamatan (SAR). (at)

BERITA TERBARU

INFRAME

Panglima TNI Pimpin Serah Terima Jabatan KSAU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyerahkan bendera panji Swa Bhuwana Paksa kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang baru Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono. Upacara serah terima jabatan (sertijab) tersebut berlangsung di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (5/4).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER