Sabtu, 25 Mei 2024

Gandeng Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, Spotdirga TNI AU Gelar ‘Semarak Dirgantara 2023’

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Spotdirga (Staf Potensi Dirgantara) TNI AU berkolaborasi dengan pemerintah kabupaten Banyuwangi menggelar atraksi keudaraan bertajuk ‘Semarak Dirgantara 2023’ di Bandara Banyuwangi pada akhir pekan lalu.

Aspotdirga KSAU, Marsda TNI Andi Wijaya mengatakan, acara ini digelar dengan tujuan untuk mendekatkan TNI AU dengan masyarakat. Harapannya, akan terlahir generasi-generasi muda yang mencintai kedirgantaraan, khususnya angkatan udara.

Baca Juga: Kerusakan Pada Mesin, Sistem Proyektil Iran Lukai Warga Sipil

Selaras dengan pernyataan Aspotdirga, Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo yang turut hadir pada kegiatan tersebut mengungkapkan bahwa ‘Semarak Dirgantara 2023’ dapat membantu mengenalkan potensi pariwisata kedirgantaraan yang berbalut keindahan wisata alam dan budaya Banyuwangi.

pesawat EMB-314 Super Tucano
Air show pesawat EMB-314 Super Tucano dan Static show pesawat ringan FASI di acara ‘Semarak Dirgantara 2023’. (Foto: Dok. Dispenau)

“Harapan kita ‘Semarak Dirgantara’ tidak hanya menumbuhkan rasa cinta terhadap kedirgantaraan, khususnya TNI AU, tetapi juga sekaligus mampu meningkatkan perekonomian daerah melalui potensi wisata kedirgantaraan,” ujar KSAU dikutip dari keterangan Dispenau, Rabu (20/9).

Acara tersebut mendapat respons positif dan dihadiri oleh ribuan masyarakat yang ingin menyaksikan langsung penampilan drumband Gita Dirgantara dari Taruna Akademi Angkatan Udara (AAU); terjun payung Wara Kopasgat; manuver pesawat EMB-314 Super Tucano; panggung hiburan band pelajaran se-Banyuwangi; serta marching band dari SMA II Bhayangkara Banyuwangi.

Baca Juga: Ini Fakta Hilangnya Pesawat Tempur F-35 AS Saat Latihan

Masyarakat juga berkesempatan melihat pesawat Boeing-737, C-130 Hercules, Super Tucano TNI AU, serta pesawat-pesawat ringan Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) yang ditampilkan melalui static show.

Di penghujung acara, TNI AU mengajak sejumlah masyarakat dan pelajar untuk mengikuti joy flight dengan menggunakan pesawat TNI AU; pesawat olahraga (sport) dan ringan milik klub Indonesia Flying Club serta Jogja Flying Club yang berada di bawah naungan FASI. (yas)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER