Senin, 15 April 2024

Yonarmed 9/Pasopati Gelar Uji Coba Menembak Senjata Berat Artileri Medan

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Yonarmed 9/Pasopati Kostrad dibawah pimpinan Komandan Batalyon (Danyon) Letnan Kolonel Arm Dian Ahkmad Arifandi melaksanakan Uji Coba Menembak dalam Rangka Latihan Menembak Senjata Berat Teknis (Latbakjatratnis) Tahun Angkatan 2023, Sabtu (16/9/2023), di Lapangan Tembak Omiba, Pusat Latihan Tempur (Puslatpur) Kodiklat TNI AD, Martapura, Baturaja.

Dilansir keterangan Penkostrad, Selasa, (19/9) tujuan dilaksanakan uji coba menembak sebelum pelaksanaan Latbakjatratnis Meriam 155 mm Caesar ini adalah, untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan prajurit dalam mengawaki meriam 155 mm Caesar, serta mengelompokkan Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista) berdasarkan kemampuan Kecepatan Awal (Vo) dan jarak capai meriam.

Baca Juga: KSAD: TNI AD Butuh Perwira Rohani Katolik yang Berkualifikasi Pastor

Adapun sasarannya adalah mampu menghitung Pvo tiap-tiap pucuk pada satuan tembakan dasar (Baterai dalam Komposisi Batalyon) untuk menjamin akurasi tembakan dalam pemberian bantuan tembakan (Bantem) khususnya pucuk dasar yang melaksanakan tembak tinjau di tiap-tiap baterai (Rai).

Untuk materi latihannya meliputi tembakan percobaan/tembak tinjau masing-masing pucuk, Tembakan Pencatatan Titik Kena Rata-rata (TKRR) dan Penghitungan Data hasil tembakan dalam rangka pengelompokan Alutsista atau Meriam 155 mm Caesar.

Baca Juga: TNI AU dan RAAF Asah Interoperabilitas dalam Latma Elang Ausindo 2023

Kegiatan Latbakjatrat ini juga ditinjau langsung oleh Danmenarmed 1 Kostrad Kolonel I Made Mertha Yasa. Pada kesempatan tersebut, Danmenarmed 1 Kostrad menyampaikan agar seluruh prajurit selalu profesional , cepat dan teliti karena Alutsista modern ini tidak bisa diawaki oleh sembarangan anggota. (rr)

BERITA TERBARU

INFRAME

Panglima TNI Pimpin Serah Terima Jabatan KSAU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyerahkan bendera panji Swa Bhuwana Paksa kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang baru Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono. Upacara serah terima jabatan (sertijab) tersebut berlangsung di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (5/4).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER