Minggu, 26 Mei 2024

Unjuk Kekuatan, Rusia Kirim Kapal Rudal Hipersonik ke Atlantik dan Hindia

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Vladimir Putin telah mengirim kapal fregat yang dipersenjatai dengan rudal hipersonik Zircon ke Samudra Atlantik dan Hindia, Rabu (4/1). Pelayaran lintas samudra dilakukan sebagai unjuk kekuatan di tengah ketegangan dengan negara-negara barat yang meningkat atas perang di Ukraina.

Dilansir dari Kremlin.ru, Rabu (4/1), dalam sebuah konferensi video, Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu melaporkan kepada Presiden Vladimir Putin bahwa kapal fregat bernama ‘Laksamana Armada Uni Soviet Gorshkov’ akan berpatroli sekaligus berlatih menggunakan rudal jelajah. Hal ini bertujuan untuk menghadapi ancaman terhadap keamanan regional.

“Fokus untuk melawan ancaman Rusia, menjaga perdamaian dan stabilitas regional bersama dengan negara-negara sahabat. Selama latihan, para personil akan mempraktikkan penggunaan senjata hipersonik dan rudal jelajah jarak jauh di berbagai kondisi lingkungan,” ujar Shoigu.

Ia menjelaskan bahwa kapal fregat ini dipersenjatai dengan Zircon yang mampu melakukan serangan terhadap sistem pertahanan musuh baik di laut maupun darat. Rudal ini mampu meluncur dengan kecepatan sembilan kali kecepatan suara dan menjangkau lebih dari 1.000 km. Sehingga, Putin menganggap senjata ini lebih unggul dari senjata musuh dan sulit dijatuhkan.

“Saya yakin senjata yang begitu kuat akan memungkinkan untuk melindungi Rusia secara andal dari potensi ancaman eksternal dan akan membantu memastikan kepentingan nasional negara kita,” ujar Putin.

Baca: Rusia: Penggunaan Ponsel Secara Ilegal Picu Serangan Ukraina

Ia menegaskan bahwa Rusia akan terus meningkatkan kemampuan militer termasuk persenjataan nasionalnya. Rencana ini merupakan bagian dari strategi yang ia ungkapkan saat pergantian tahun, dalam menghadapi kecaman negara-negara barat atas konflik di Ukraina. Menurutnya, hal tersebut dilakukan sebagai bentuk dari mempertahankan tanah air.

“Kami akan terus mengembangkan potensi tempur angkatan bersenjata dan memproduksi senjata serta peralatan canggih yang akan menjaga keamanan Rusia dalam beberapa dekade mendatang. Ini adalah senjata yang menjanjikan,” ujar Putin. (bp)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER