Kamis, 22 Februari 2024

TNI AU Gelar Pendidikan dan Pelatihan Crew Resources Management untuk Awak Pesawat

BACA JUGA

Jakarta, IDM – TNI Angkatan Udara (TNI AU) menggelar pendidikan dan pelatihan Crew Resources Management (CRM) yang diikuti oleh awak pesawat dari berbagai lanud, di bawah Koops Udara II, di antaranya Lanud Sultan Hasanuddin, Lanud Iswahjudi, dan Lanud Abdulrachman Saleh.

Pendidikan tersebut dibuka langsung oleh Komandan Lanud (Danlanud) Sultan Hasanuddin, Marsma TNI Benny Arfan di kantor Wing Udara 5, Lanud Sultan Hasanuddin, Makassar, Senin (11/9).

Baca Juga: Kodam Jaya Tanggung Biaya Pengobatan dan Kerusakan Mobil Kecelakaan di Tol MBZ

Dalam amanatanya, Danlanud mengungkapkan bahwa pendidikan dan pelatihan CRM menjadi upaya TNI AU untuk memberikan bekal kepada para awak pesawat agar nantinya mereka dapat mengoptimalkan segala sumber daya yang ada. Dengan demikian, misi penerbangan diharapkan dapat terlaksana dengan berhasil, aman, dan selamat.

Personel TNI AU
Personel TNI AU yang mengikuti pendidikan dan pelatihan Crew Resources Management (CRM). (Foto: Dok. Instagram @lanudsultanhasanuddin_)

“Kunci dalam CRM adalah komunikasi, kolaborasi, dan koordinasi yang baik dari berbagai level,” sambung Benny dikutip dari laman TNI AU, Selasa (12/9).

Baca Juga: Hancurkan Pertahanan Musuh, TNI AU Kerahkan Pesawat Tempur F-16 dalam Latihan CALFEX SGS 2023

Ditambahkan Danlanud, melalui pendidikan ini para awak pesawat akan mendapat pengalaman serta pembekalan untuk meningkatkan kemampuan dalam melaksankan tugas sekaligus menjaga keselamatan (safety), sehingga segala potensi kecelakaan (accident) dapat dimitigasi bersama.

“Melalui pendidikan CRM, para peserta mampu memiliki kemampuan berkoordinasi dan berkomunikasi, tidak hanya dalam lingkup awak pesawat, namun juga cakupan yang lebih luas yaitu satuan dan organisasi di atasnya,” tambah Benny. (yas)

BERITA TERBARU

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER