Kamis, 22 Februari 2024

Pertunjukan Teatrikal ‘Sang Patriot’, Kolaborasi Manuver Udara JAT dan Pegasus Team di HUT ke-78 TNI

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Dua tim aerobatik kebanggaan TNI Angkatan Udara (TNI AU) yaitu the Jupiter Aerobatic Team (JAT) dan the Pegasus Team kembali berkolaborasi pada upacara peringatan HUT ke-78 TNI di Silang Monas, Jakarta, Kamis (5/10).

Pada momen spesial tersebut, JAT dan Pegasus tampil memukau dengan menyuguhkan sejumlah manuver udara dalam pertunjukan teatrikal (theatrical show) bertajuk ‘Sang Patriot’.

JAT bermanuver dengan enam pesawat propeller buatan Korea Selatan (Korsel), KT-1B Woong Bee yang ada di bawah komando flight leader Letkol Pnb Ripdho Utomo. Sementara itu, Letkol Pnb Taufik Hidayat bertindak sebagai flight leader untuk the Pegasus Team yang unjuk kebolehan menggunakan Helikopter EC-120B Colibri asal Prancis.

Baca Juga: HUT Ke-78 TNI: Kapal Selam hingga Perusak Kawal Rudal Sailing Pass di Surabaya

Penampilan keduanya diawali dengan aksi satu pesawat JAT yang melakukan manuver ‘Solo Spin’. Selanjutnya, 5 pesawat JAT lainnya terbang melintas di depan podium untuk menunjukkan manuver ‘Falcon Loop’.

JAT
Jupiter Aerobatic Team saat melakukan manuver udara di peringatan HUT ke-78 TNI di Silang Monas. (IDM/Faisal Ramadhan)

Rangkaian manuver udara berlanjut dengan penampilan dari 4 helikopter Pegasus Team yang terbang mengelilingi tugu Monumen Nasional (Monas). JAT dan Pegasus Team secara bergantian unjuk kebolehan bermanuver di udara selama kurang lebih 10 menit.

Ini bukanlah kolaborasi pertama JAT dan Pegasus Team. Sebelumnya, mereka juga tampil bersama di peringatan HUT ke-77 TNI AU yang digelar di Taxy Way Echo Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta pada 9 April 2023. Selanjutnya, mereka bersinergi di HUT ke-78 Republik Indonesia di Istana Negara, Jakarta pada 17 Agustus 2023.

Baca Juga: Panglima TNI Pastikan Prajurit Terjerat Tindak Pidana Diproses Hukum

Dalam setiap penampilannya, pesawat JAT diawaki oleh 6 penerbang, di mana home base mereka berlokasi di Lanud Adisutjipto Yogyakarta. Sementara itu, Pegasus Team bermarkas di Skadron Udara 7 Lanud Suryadarma, Kalijati, Subang.

Keduanya patut menjadi kebanggaan TNI AU dan masyarakat Indonesia. JAT tercatat kerap menjadi duta bangsa dengan tampil dalam sejumlah ajang internasional. Sementara itu, Pegasus Team dikenal sebagai tim aerobatik pertama di Asia Tenggara yang bermanuver dengan menggunakan helikopter atau pesawat rotary wing. (yas)

BERITA TERBARU

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER