Minggu, 16 Juni 2024

Pentingnya Ilmu “Kartografi” Peta Khusus bagi Prajurit Satfib dan Satkopaska Koarmada II

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Divisi pantai Satuan Kapal Amfibi (Satfib) dan Satuan Komando Pasukan Katak (Satkopaska) Koarmada II menggelar latihan kartografi selama tiga hari di divisi pantai, baseplate Satfib, dan pantai Satfib Koarmada II, Rabu (18/10).

Dikutip dari keterangan Dispen Koarmada II, kartografi adalah ilmu yang mempelajari mengenai peta khusus yang menggambarkan tentang kondisi dasar laut di pantai berdasarkan dari hasil penyelidikan atau pengintaian pantai.

Baca Juga: Kadispsiad Pimpin Delegasi Dispsiad pada Ajang IMTA-IMLA ke-63

Nantinya, hasil tersebut dijadikan sebagai data untuk menentukan layak atau tidaknya sebuah pantai digunakan untuk operasi tertentu, seperti operasi pndaratan amfibi.

Komandan Divisi Pantai Letkol Laut (P) Surya Ari Muryanto, menyampaikan dengan melalui latihan ini diharapkan dapat memberikan gambaran dan pengetahuan tentang kartografi kepada prajurit divisi pantai.

Baca Juga: Wamenhan: Satuan Infanteri Harus Berevolusi untuk Memenangkan Pertempuran di Masa Depan

“Karena tugas pokok divisi pantai yaitu menunjang suatu operasi amfibi dan osratmin, khususnya pandu gelombang dalam GKK Lintas Permukaan,” pungkasnya. (at)

BERITA TERBARU

INFRAME

Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024

Peserta kategori IPSC Level III mengikuti Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024 di Lapangan Tembak Djamsuri, Wing Komando 1 Kopasgat, Jakarta, Jumat (7/6). Perlombaan tersebut mengangkat tema "Kualitas dan Prestasi adalah Kehormatan".

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER