Sabtu, 25 Mei 2024

Lawatan ke Jepang, KSAU Sambangi Sejumlah Satuan Milik JASDF

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo melakukan kunjungan ke sejumlah satuan Japan Airforce Self Defence Force (JASDF) yang berada di Iruma dan Chitose Air Force Base (AFB) pada 6 sampai 7 Juni 2023.

Iruma AFB merupakan salah satu pangkalan udara milik JASDF yang berlokasi di kota Sayama, Perfektur Saitama sebelah barat Laut Tokyo. Untuk menuju Iruma AFB, KSAU beserta rombongan terbang dengan menggunakan helikopter CH-47 Chinook. Selama berada di Iruma AFB, KSAU berkesempatan mendapat flight briefing dari Komandan Wing Angkut Taktis ke-2.

Baca Juga: KSAD Periksa Kesiapan Prajurit Tombak Sakti yang Akan Berangkat ke Papua

Selanjutnya, KSAU melakukan penerbangan ke Chitose AFB yang berlokasi di Pulau Hokkaido. Dalam perjalanannya, Fadjar menaiki pesawat angkut Kawasaki C-2.

“Setiba di Chitose AFB KSAU disambut oleh Komandan Pangkalan dan mengunjungi satuan-satuan di sana. Satuan-satuan tersebut meliputi Wing Tempur Taktis ke 2 dengan pesawat F-15J dan Kawasaki T-4, juga Skadron Pertahanan Pangkalan dengan rudal Patriot dan Grup Angkut Spesial,” tulis Dispenau dalam keterangan yang diterima redaksi IDM, Kamis (8/6).

KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo
KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo beserta rombongan saat melakukan pertemuan dengan personel JASDF. (Foto: Dok. Dispenau)

Selama berada di Chitose, Fadjar didampingi oleh Komandan Wing Udara ke-2 yaitu Mayjen Yukinori Yanagi yang pernah menjadi penerbang pesawat tempur F-15.

Baca Juga: Kopassus, Denjaka dan Kopasgat Gelar Latihan Bersama Tanggulangi Terorisme

Untuk diketahui, sebelum bertandang ke dua pangkalan udara milik JASDF, Marsekal TNI Fadjar terlebih dahulu melakukan pertemuan dan command brief dengan Kepala Staf JASDF General Uchikura Hiroaki.

Kunjungan KSAU ke Jepang kali ini sekaligus menjadi counterpart visit yang diharapkan dapat menjadi upaya TNI AU dan JASDF untuk meningkatkan sejumlah kerja sama militer seperti operasi, latihan, serta pendidikan yang bermanfaat bagi Indonesia dan Jepang dalam menjaga stabilitas di kawasan Asia Pasifik. (yas)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER