Sabtu, 15 Juni 2024

Kunjungi Beijing, Menlu AS Sepakat Atasi Ketegangan dengan Cina

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken melakukan pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Cina Qin Gang di Beijing pada beberapa waktu lalu. Pertemuan itu disebut merupakan upaya untuk meredakan ketegangan yang meningkat antara kedua negara.

Dilansir dari State.gov, laman resmi Departemen Negara AS, Senin (19/6), dalam pertemuan tertutup, Blinken dan Qin disebut melakukan pembicaraan yang substansif dan konstruktif terkait hubungan bilateral.

Baca Juga: Mengenal CAATSA, Strategi AS Cegah Pembelian Alutsista dari Rusia

“Menteri Blinken menekankan pentingnya diplomasi dan menjaga saluran komunikasi terbuka membicarakan berbagai masalah untuk mengurangi risiko salah persepsi dan salah perhitungan,” kata Juru Bicara Departemen Luar Negeri AS Matthew Miller.

Miller menambahkan, keduanya juga membahas beberapa isu terkait keadaan global dan peluang memperluas kerja sama di berbagai bidang.

Baca Juga: Waspada Ancaman Rusia, NATO akan Bentuk Pusat Kontrol Keamanan Bawah Laut

“Pembicaraan itu mengangkat sejumlah masalah yang menjadi perhatian, serta peluang untuk menjajaki kerja sama terkait masalah transnasional dengan Cina,” tambahnya.

Hubungan Cina dan AS semakin bersitegang selama satu tahun terakhir. Penyebab utamanya yaitu banyaknya ketidaksepakatan keduanya terkait berbagai isu seperti kunjungan kontroversial mantan Ketua DPR AS Nancy Pelosi ke Taiwan, insiden balon pengintai Cina yang menyusup ke AS, hingga perang Rusia-Ukraina. (bp)

BERITA TERBARU

INFRAME

Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024

Peserta kategori IPSC Level III mengikuti Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024 di Lapangan Tembak Djamsuri, Wing Komando 1 Kopasgat, Jakarta, Jumat (7/6). Perlombaan tersebut mengangkat tema "Kualitas dan Prestasi adalah Kehormatan".

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER