KSAU Hadiri Upacara Penetapan Komcad TNI TA 2022

BACA JUGA

ads-custom-1

Jakarta,IDM Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo menghadiri Upacara Penetapan Komponen Cadangan (Komcad) TNI Tahun 2022, yang digelar di Lapangan Terbang Suparlan, Pusdiklat Kopassus, Batujajar, Bandung, Jawa Barat, Kamis (8/9).

Upacara tersebut dipimpin oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin sebagai inspektur upacara dan didampingi Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto.

Usai menyelesaikan pendidikan dasar kemiliteran (Diksarmil) di sejumlah tempat, sebanyak 2.974 orang dikukuhkan sebagai Komponen Cadangan (Komcad).

Ribuan Komcad yang baru ditetapkan itu berasal 5 Batalyon yang dilatih di masing-masing matra, yaitu Matra Darat 450 orang di Rindam II/Sriwijaya, 500 orang di Rindam VI/Mulawarman, dan 500 orang di Rindam XIV/Hasanuddin.

Selanjutnya, 499 orang Matra Laut di Kodikmar Surabaya serta 500 orang Matra Udara di Pusdiklat Kopasgat, Bandung. Selain itu 50 orang di latih di Pusdik Kowad dan 475 orang Kadet Unhan di Unhan RI.

“Pelaksanaan Pembentukan Komponen Cadangan TNI TA. 2022, merupakan amanat UUD RI Tahun 1945, UU RI Nomor 3 Tahun 2002 tentang Pertahanan Negara dan UU RI Nomor 23 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional untuk Pertahanan Negara,” ungkap Ma’ruf Amin dalam amanatnya.

Penetapan Komcad TNI Tahun 2022 ditandai dengan pernyataan resmi Wapres RI Ma’ruf Amin serta penyerahan Tunggul Satuan Komponen Cadangan kepada masing-masing Komandan Batalyon.

Upacara Penetapan Komcad juga diisi dengan pameran industri pertahanan dalam negeri yang memamerkan produk-produk anak bangsa yang digunakan oleh TNI-Polri termasuk Komcad. (yas)

ads-custom-2

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

BERITA TERBARU

ads-custom-5

POPULER