Kamis, 30 Mei 2024

KSAL Tegaskan Pentingnya Pembangunan SDM Bagi Kekuatan dan Kemampuan TNI AL

BACA JUGA

Surabaya, IDM – Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., menegaskan bahwa pembangunan SDM merupakan bagian esensial dari pembangunan kekuatan dan kemampuan TNI Angkatan Laut. Salah satu upaya pembangunan SDM tersebut yakni melalui Pendidikan Perwira.

Pendidikan Perwira merupakan investasi Sumber Daya Manusia (SDM) jangka panjang yang akan menentukan kelangsungan dan kemaujuan organisasi TNI Angkatan Laut. Menyadari pentingnya pembangunan SDM bagi TNI AL, maka Laksamana Yudo pun menjadikan prioritas pembangunan SDM prajurit Matra Laut sebagai prioritas pertama dari sembilan prioritas program sejak dirinya menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Laut.

 “Angkatan Laut yang dibangun dan dibentuk dalam sebuah Sistem Senjata Armada Terpadu (SSAT) yang terdiri dari KRI, Pesawat udara (Pesud), Marinir dan pangkalan, harus diawaki oleh personel yang memiliki kompetensi tinggi dan berkarakter maritim yang kuat,” ujar Laksamana Yudo dalam sambutannya saat melantik dan mengambil sumpah 756 Perwira muda lulusan Pendidikan Pembentukan Perwira (Diktukpa) TNI AL  Angkatan ke-51 dan Pendidikan Pembentukan Perwira Singkat (Diktukpakat) TNI AL TA 2021 dalam upacara militer Prasetya Perwira (Praspa) di Lapangan Laut Maluku, Kodiklatal, Bumimoro, Surabaya, Jumat, (29/10).

“Perwira muda lulusan Diktukpa Angkatan ke-51 dan Diktukpakat TA. 2021 harus mampu memahami dan menjabarkan perintah atau instruksi yang diberikan oleh pimpinan dan atasan. “Sebagai pemimpin pada strata Perwira muda, harus bertindak dengan cermat dan sigap, serta menjadi motor penggerak di satuan-satuan tempat para Perwira bertugas nantinya,” tambah KSAL.

Dari jumlah Perwira lulusan Diktukpa Angkatan ke-51 yang dilantik tersebut, 100 orang merupakan Korps Pelaut, 76 orang Korps Teknik, 46 orang Korps Elektro, 93 orang Korps Suplai, 85 orang Korps Marinir, 27 orang Korps Kesehatan, 23 orang Korps Khusus, dan 19 orang Korps Polisi Militer. Sedangkan Perwira lulusan Diktukpakat TNI AL TA 2021 terdiri dari 80 orang merupakan Korps Pelaut, 58 orang Korps Teknik, 30 orang Korps Elektro, 25 orang Korps Suplai, 55 orang Korps Marinir, 5 orang Korps Kesehatan, 26 orang Korps Khusus, dan 11 orang Korps Polisi Militer.

Beberapa waktu sebelumnya, mereka telah menjalani upacara Penutupan Pendidikan (Tupdik) di Lapangan Laut Maluku, Kodiklatal yang dipimpin Komandan Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI AL (Dankodiklatal) Laksamana Madya TNI Nurhidayat.

Dalam acara tersebut, selain penyerahan medali Jala Wira Adhiguna kepada lulusan terbaik, juga diserahkan ijazah kepada seluruh lulusan oleh Dankodiklatal. Medali Jala Wira Adhiguna, yang berarti perwira laut yang perkasa dan berguna, merupakan medali penghargaan bagi siswa lulusan terbaik yang diimpikan dan diperebutkan para siswa Diktukpa dan Diktupakat.

Mengutip laman resmi TNI AL, lulusan terbaik tiap korps untuk Diktukpa Angkatan Ke-51 adalah sebagai berikut: Korps Pelaut atas nama Letda Laut (P) Sugianto, Korps Teknik Letda Laut (T) Agun Widyanto, Korps Elektronika Letda Laut (E) Teguh Setiono, A.Md., Korps Suplai Letda Laut (S/W) Putty Johariningsih, Korps Marinir Letda Mar Bahrul Ulum, Korps Kesehatan Letda Laut (K) Willy Deska,S.Kep, Korps Khusus Letda Laut (KH) Aryadi, dan Korps Polisi Militer Letda Laut (PM) Bagus Endar. Sedangkan lulusan terbaik tiap korps untuk Diktukpakat TA 2021 adalah Korps Pelaut atas nama Letda Laut (P) Ahmat Sobli, Korps Teknik Letda Laut (T) Dwi Budianto, Korps Elektronika Letda Laut (E) Ahyuddin Liomba, Korps Suplai Letda Laut (S/W) Emy Wuryaningsih, Korps Marinir Letda Mar Bolfen Sirait, Korps Kesehatan Letda Laut (K)  Nonki Hussein, Korps Khusus Letda Laut (KH) Agus Supriyanto, dan Korps Polisi Militer Letda Laut (PM) Fatkhur Rozak. (YAS)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER