KSAL Pastikan Pencarian KRI Nanggala-402 Maksimal

105
KSAL Pastikan Pencarian KRI Nanggala-402 Maksimal
Photo: IDM

Jakarta, IDM – Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Yudo Margono mengatakan pencarian kapal selam KRI Nanggala-402 sudah masuk ke dalam fase subsunk. KRI Nanggala-402 terdeteksi pada kedalaman 850 meter.

“Kita tingkatkan menuju fase subsunk, dimana fase subsunk nanti kita siapkan evakuasi medis terhadap ABK yang kemungkinan masih selamat,” ujar Yudo saat konferensi pers di Bali, Sabtu (24/04).

Kedalaman ini membuat proses pencarian dan evakuasi menjadi sulit. Namun, Yudo memastikan jika TNI AL bersama Polri, Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas), Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), Badan Pengkaji dan Penerapan Teknologi (BPPT), dan negara-negara sahabat akan memaksimalkan proses pencarian.

“Sehingga dengan kesulitan ini, kita tetap jalankan prosedur pengangkatan dan evakuasi. Semoga Tuhan beri jalan terbaik,” ucap Yudo.

Sebanyak 21 armada dikerahkan dalam upaya mencari KRI Nanggala-402 antara lain KRI Rigel-933, KRI REM-331, KRI I Gusti Ngurah Rai-332, KRI Diponegoro-365, KRI DR Soeharso, dan satu helikopter seri Panther. TNI juga menurunkan 400 personel untuk mencari KRI Nanggala-402. Sementara itu Polri menerjunkan empat kapal jenis sonar dan robotik yang memiliki kemampuan menyelam. (nhn)