Selasa, 21 Mei 2024

Kronologi Tim Kopaska Gagalkan Penyelundupan Miras asal Malaysia di Sebatik

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Satgas TNI AL yang tergabung dalam Operasi Gabungan Karang Baruna-23 berhasil menggagalkan penyelundupan ratusan minuman keras (miras) ilegal dari Malaysia dengan menggunakan speedboat, di Perairan Sebatik-Nunukan, Rabu (1/3).

Mengutip dari keterangan Dispenal, Kamis (2/3), kjadian bermula ketika tim Kopaska TNI AL tengah patrol rutin di perairan wilayah Nunukan, Sebatik dan sekitarnya sejak Selasa (28/2). Pada Rabu (1/3) sekitar pukul 00.00 WITA, tim ini melihat sebuah speedboat yang mencurigakan melaju dengan kecepatan tinggi dari Bambangan Sebatik menuju Nunukan.

Baca Juga: Terima Panglima Angkatan Bersenjata Singapura, Prabowo Dukung Peningkatan Kerja Sama Militer bagi Stabilitas Kawasan

Karena curiga, tim segera mengejar serta berupaya menghentikan speedboat, namun speedboat tersebut justru menambah kecepatannya. Ketika hampir terkejar, tiba-tiba speedboat tersebut memutar balik arah menuju Bambangan dan merapat di Pelabuhan Bambangan.

miras
(Foto: Dok. Dispenal)

Tim segera mengarahkan perahu ke arah speedboat yang dicurigai tersebut. Namun, ternyata penyelundup melarikan diri ke darat dengan meninggalkan speedboat beserta barang bawaannya. Keduanya segera melaksanakan pemeriksaan terhadap speedboat dan menemukan barang muatan miras merk Labour dan Black Jack.

Setelah memeriksa, mendata dan melaporkan kejadian kepada atasan, sekitar pukul 04.15 WITA, tim selanjutnya menghubungi Bea Cukai Nunukan untuk menyerahkan barang bukti yang didapat dan menarik speedboat milik penyelundup menuju Pelabuhan Tunon Taka.

Baca Juga: Prajurit Marinir dan Kopaska Dipersenjatai Nano ‘Bug’ Drone

Setibanya di pelabuhan, tim membongkar barang bukti yang didapat berupa miras Black Jack sebanyak 264 botol (259 botol utuh dan lima botol pecah) dan Labour sebanyak 24 botol. Barang bukti dibawa ke Bea Cukai Nunukan untuk dilaksanakan serah terima. (at)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER