Sabtu, 15 Juni 2024

Korut Luncurkan Rudal Setelah AS-Korsel Gelar Latma Militer

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Korea Utara (Korut) menembakkan dua rudal balistik jarak pendek ke Laut Timur, Jumat (23/12). Uji coba rudal ini dilakukan beberapa hari setelah pesawat tempur AS dan Korea Selatan (Korsel) melakukan latma di Semenanjung Korea.

“Militer kami melihat dua rudal balistik jarak pendek diluncurkan oleh Korut ke Laut Timur dari daerah Sunan, Pyongyang sekitar pukul 16:32 pada Jumat,” ujar Kepala Staf Gabungan Korsel, mengacu pada perairan yang juga dikenal sebagai Laut Jepang, dilansir dari AP.

Menurutnya, peluncuran ini dapat menjadi tanggapan latma militer AS dan Korsel terbaru karena Korut pernah memberi kecaman dan peringatan atas latma sebelumnya. Korut menyebut latma tersebut sebagai tindakan provokasi dan invasi di Semenanjung Korea. Sementara itu, AS dan Korsel mengatakan seluruh latma yang dilakukan bersifat defensif.

Baca: Presiden Ukraina dan Polandia Bahas Kerja Sama Strategis

Peluncuran terbaru Korut menambah daftar rentetan uji coba rudal terbanyak sepanjang tahun 2022. Korsel menyebut upaya meningkatkan kemampuan rudal dan nuklir tersebut dapat berdampak pada perdamaian dan stabilitas keamanan di kawasan. Korsel menegaskan bahwa pihaknya berkoordinasi dengan AS dalam mempertahankan kesiapan menghadapi ancaman serta memantau langkah-langkah Korut. Minggu lalu, Korut juga mengklaim telah melakukan tes perdana dalam pengembangan satelit mata-mata dan rudal balistik bahan bakar padat dengan jangkauan target yang lebih jauh. (bp)

BERITA TERBARU

INFRAME

Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024

Peserta kategori IPSC Level III mengikuti Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024 di Lapangan Tembak Djamsuri, Wing Komando 1 Kopasgat, Jakarta, Jumat (7/6). Perlombaan tersebut mengangkat tema "Kualitas dan Prestasi adalah Kehormatan".

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER