Sabtu, 15 Juni 2024

Korsel Resmikan Kapal Fregat Cheonan (FFG-826)

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Korea Selatan (Korsel) meresmikan kapal fregat baru kelas Daegu yang diberi nama Cheonan (FFG-826) di Pangkalan Angkalan Laut Jinhae, Changwon, pada Jumat (19/5).

Pemberian nama Cheonan dilakukan untuk mengenang kapal yang tenggelam akibat konflik dengan negara tetangga, Korea Utara (Korut). Pada Maret 2010, kapal Korvet Cheonan seberat 1.200 ton ditembak torpedo kapal selam Korut dan sebanyak 46 awak kapal tewas.

Baca Juga: Korsel Berencana Tambah Bantuan Militer ke Ukraina

Dilansir dari Yonhap, Sabtu (20/5), Kapal Cheonan mulai diproduksi pada Juni 2020. Setelah menjalani penilaian operasional, kapal ini akan beroperasi di Laut Kuning pada akhir tahun.

“Mengenang patriotisme dari 46 tentara yang gugur, Cheonan yang telah dihidupkan kembali akan dengan sempurna melakukan operasi untuk melindungi laut kita sebagai aset inti Angkatan Laut Republik Korea,” kata Wakil Laksamana Kim Myung-soo, komandan Armada Angkatan Laut Korsel.

Baca Juga: Inggris Beli 14 Helikopter CH-47F (ER) senilai 1,4 miliar Poundsterling

Kapal Cheonan memiliki panjang 122 meter, lebar 14 meter, dan berbobot 2.800 ton. Dengan kemampuan teknologi Towed Array Sonar (TAS), para awak kapal dapat mendeteksi keberadaan kapal selam dari jarak jauh. Kapal ini juga dilengkapi dengan fitur persenjataan meriam kapal dan rudal anti kapal selam. (bp)

BERITA TERBARU

INFRAME

Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024

Peserta kategori IPSC Level III mengikuti Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024 di Lapangan Tembak Djamsuri, Wing Komando 1 Kopasgat, Jakarta, Jumat (7/6). Perlombaan tersebut mengangkat tema "Kualitas dan Prestasi adalah Kehormatan".

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER