Kamis, 30 Mei 2024

Korsel Pamer Pesawat Tempur KF-21 di ADEX 2023

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Korea Selatan (Korsel) pamer pesawat tempur KF-21 ke publik dalam International Aerospace & Defense Exhibition (ADEX) 2023 di Pangkalan Udara Seoul selama enam hari.

Dilansir dari Yonhap, Rabu (18/10), dalam upacara pembukaan, pesawat tempur KF-21 model single-seat melakukan demonstrasi udara bersama pesawat militer Amerika Serikat (AS) yaitu pesawat tempur F-22 dan F-16, pesawat latih T-50, serta pesawat pengintai U-2. Demonstrasi gabungan itu juga menjadi wujud peringatan aliansi bilateral kedua negara ke-70 tahun.

Baca Juga: Filipina Sebut Cina Lakukan Manuver Berbahaya di Laut Cina Selatan

ADEX 2023 melibatkan pameran dari 550 perusahaan di 35 negara. Sebanyak 30.000 pengunjung diperkirakan hadir, termasuk lebih dari 114 pejabat militer dan pertahanan dari 55 negara. Sejalan dengan itu, pameran dua tahunan kali ini merupakan yang terbesar sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 1996.

Dalam sambutannya, Presiden Korsel Yoon Suk Yeol mengatakan bahwa Korsel yang dulu mengandalkan impor internasional, kini telah melompat untuk menjadi pengekspor pesawat tempur canggih. Ia pun menjanjikan upaya komprehensif untuk meningkatkan daya saing global industri pertahanan dan kedirgantaraan Korsel.

Baca Juga: Jepang akan Kirim Bantuan $10 Juta untuk Dukung Warga Sipil di Gaza

“Industri pertahanan merupakan industri strategis nasional yang mendukung keamanan dan perekonomian negara,” kata Yoon.

Pesawat pembom B-52 berkemampuan nuklir pun turut unjuk gigi dalam pameran pertahanan ini. Meskipun B-52 telah dikerahkan untuk latihan gabungan antara AS-Korsel, ini merupakan pertama kalinya mendarat di pangkalan udara Korsel. (bp)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER