Sabtu, 2 Maret 2024

Koarmada I Kerahkan Sejumlah Unsur Pengamanan KTT ke-43 ASEAN di Jakarta

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Koarmada I mempersiapkan sejumlah unsur untuk pengamanan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN 2023 yang bakal berlangsung dari 1-9 September, di Jakarta.

Pangkoarmada I Laksamana Muda TNI Achmad Wibisono, mengatakan Koarmada I telah menyiapkan personel, KRI, helikopter, dan sea reader Satkopaska serta pangkalan-pangkalan di bawah jajaran Lantamal III Jakarta untuk pengamanan laut dan pelabuhan.

Baca Juga: Dukung Operasi Penerbangan, KSAU Resmikan Base Ops Lanud Sultan Hasanuddin

“Kerja sama di seluruh lapisan harus terjalin baik. Laksanakan sesuai tugas dan tanggung jawab masing-masing dalam mendukung kelancaran operasi pengamanan laut,” ujarnya saat apel gelar pasukan Satgasla Pam KTT ke-43 ASEAN 2023 di Jakarta, Rabu (30/8).

“Kewaspadaan di laut tidak bisa dianggap remeh dan harus benar-benar ditingkatkan terhadap ancaman yang berkembang saat ini, mengingat besarnya gelaran KTT,” sambungnya.

Apel gelaran pasukan pengamanan
(Foto: Dok. Dispen Koarmada I)

Selanjutnya Achmad memberikan sejumlah penekanan kepada seluruh personel dan unsur yang terlibat dalam Satgas pengamanan. Pertama, ia mengingatkan prajurit untuk bertindak sesuai aturan yang berlaku.

Kedua, selalu check and recheck terhadap seluruh personel maupun material yang terlibat. “Ketiga, koordinasi dan kerja sama secara intensif, baik dengan satuan sendiri maupun dengan komando samping serta instansi terkait lainnya,” jelasnya.

Baca Juga: Serahkan 100 Rantis E-Tactical Sergap, Prabowo: Saya Bangga, ini Indhan Buatan Dalam Negeri

Keempat, ia mengantisipasi kemungkinan peningkatan eskalasi yang mengharuskan pelaksanaan escape bagi peserta.

“Kelima, antisipasi kemungkinan terjadinya cuaca yang signifikan dengan selalu mengutamakan keselamatan personel dan material untuk mewujudkan zero accident,” ujarnya. (at)

BERITA TERBARU

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER