Kamis, 30 Mei 2024

Kenang Hari Dharma Samudera, KSAL Ajak Kaum Muda Bergabung di TNI AL

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali memimpin upacara tabur bunga mengenang Hari Dharma Samudera dari atas KRI Banda Aceh – 593, Senin, (16/1).

Pada kesempatan tersebut Ali meminta anak-anak muda Indonesia untuk bergabung di TNI AL. Menurutnya momentum Hari Dharma Samudera ini merupakan wujud penghormatan aksi heroik para pahlawan laut seperti Komodor Yos Sudarso, Letnan Samadikun, Mayor Laut Ayub Laya dan lainnya yang wajib diteruskan generasi muda.

“Jadi pesan untuk generasi penerus, peristiwa-peristiwa heroik pertempuran laut hendaknya diteruskan dengan bergabung bersama di TNI AL, ini harapan kita. Seperti yang disampaikan Panglima TNI kita telah membuka satuan pendidikan di daerah yang berguna untuk merengkrut pemuda-pemuda bergabung di TNI AL,” kata Ali.

TNI AL
(IDM/Ricardo Ronald)

Ia melanjutkan dengan mengusung tema “Kobarkan Semangat Perjuangan Samudera untuk Kejayaan Indonesia” Hari Dharma Samudera kali ini diprioritaskan mengenang heroisme perjuangan para prajurit TNI AL dari sejumlah peristiwa mulai dari peristiwa tanggal 4 April 1946 di Selat Bali yaitu pasukan ekspedisi lintas laut pimpinan Kapten Laut Murkadi melawan landing craft mechanized Belanda hingga puncak peristiwa pertempuran Laut Aru tanggal 15 Januari 1962.

“Momentum peristiwa 15 Januari 1962 inilah diperingati sebagai Hari Dharma Samudera,” jelas Ali.

Baca: Gelar Wayang Orang Pandawa Boyong, KSAL: Peringati Perjuangan Hari Dharma Samudera

Upacara peringatan Hari Dharma Samudera kali ini diikuti ratusan prajurit TNI AL beserta para instansi terkait terdiri dari peleton Pati, Pamen, Korsik, Pama, Kowal, Bintara, Tamtama, Marinir, PNS, Saka Bahari, Unsur Maritim dan Polisi serta Bea Cukai.

Rangkaian upacara sendiri dimulai dari pembacaan sejarah pertempuran laut, penghormatan kepada para pahlawan, mengheningkan cipta, pelarungan karangan bunga, pembacaan doa serta tabur bunga seluruh peserta upacara. (rr)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER