Selasa, 25 Juni 2024

Jelang Jalak Sakti 2023, Pesawat Tempur TNI AU Gelar Latihan Weapon Delivery

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Sejumlah pesawat tempur TNI Angkatan Udara (TNI AU) menggelar latihan weapon delivery pada 8 sampai 12 Mei 2023 di Air Weapon Range (AWR) Siabu, Kabupaten Kampar, Riau.

Melansir keterangan Penerangan Lanud Roesmin Nurjadin dalam instagram @lanud_roesmin_nurjadin dijelaskan, latihan ini merupakan latihan rutin yang dilakukan oleh TNI AU untuk meningkatkan kemampuan dan profesionalisme para fighter (penerbang tempur) dalam mengoperasikan pesawat dengan melakukan penembakan dari udara ke darat.

Baca Juga: Koarmada III Kerahkan Dua Kapal Perang, Ikut Latihan Cassoex 2023 di Australia

“Nantinya latihan akan melibatkan tiga skadron tempur yaitu, Skadron Udara 1 Wing Udara 7 Lanud Supadio dari Pontianak, Skadron Udara 12 dan Skadron Udara 16 Wing Udara 6 dari Lanud Rsn Pekanbaru,” ungkap Komandan Wing Udara 6 Lanud Roesmin Nurjadin, Kolonel Pnb Asri Efendi.

Pesawat tempur
Pesawat tempur Hawk TNI AU yang mengikuti latihan weapon delivery di AWR Siabu, Riau. (Foto: Dok. Instagram @lanud_roesmin_nurjadin)

Latihan weapon delivery kali ini dilakukan dalam rangka persiapan jelang latihan Jalak Sakti 2023. Jalak Sakti merupakan latihan antarsatuan di jajaran Komando Operasi TNI AU (Koopsau) I yang mencakup wilayah Indonesia bagian barat.

Baca Juga: Tim Gabungan Pengamanan Bandara SMB II Palembang Gagalkan Pengiriman Paket Narkoba

Dalam pelaksanaan tugasnya, Koopsau I memiliki tugas dalam membina kemampuan dan kesiapsiagaan operasional satuan-satuan TNI AU dalam jajarannya, dan menjalankan sejumlah operasi udara dalam rangka penegakan kedaulatan NKRI di udara, serta mendukung kedaulatan negara di darat dan laut.

Dilansir dari Tribunnews, Sabtu (13/5), Komandan Lanud H. AS. Hanandjoeddin Letkol Pnb Luky Indrawan mengungkapkan, pelaksanaan latihan antarsatuan Jalak Sakti tahun ini akan digelar pada 30 Mei 2023 di kawasan Lanud H. AS. Hanandjoeddin. (yas)

BERITA TERBARU

INFRAME

Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024

Peserta kategori IPSC Level III mengikuti Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024 di Lapangan Tembak Djamsuri, Wing Komando 1 Kopasgat, Jakarta, Jumat (7/6). Perlombaan tersebut mengangkat tema "Kualitas dan Prestasi adalah Kehormatan".

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER