Senin, 26 Februari 2024

Emban Misi Kemanusiaan, TNI AU Kerahkan Dua Pesawat untuk Kirim Bantuan ke Turki

BACA JUGA

Jakarta, IDM – TNI Angkatan Udara (TNI AU) kembali terlibat dalam misi kemanusiaan negara. Kali ini, para penjaga dirgantara Indonesia tersebut bertugas untuk membantu pengiriman bantuan, baik logistik maupun personel kesehatan, untuk para korban gempa di Turki.

Untuk itu, TNI AU mengerahkan dua pesawatnya yakni Boeing 737- A-7308 dari Skadron Udara 17 Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta dan pesawat C-130 Hercules A-1326 yang merupakan pesawat Skadron Udara 32, Lanud Abd. Saleh Malang.

Jelang keberangkatan pagi tadi, Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo berkesempatan untuk meninjau langsung kesiapan pesawat, kru, dan personel pendukung yang akan bertugas ke Turki, di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Sabtu (11/2).

KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo
KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo saat memberikan pengarahan kepada para personel TNI AU yang bertugas dalam misi kemanusiaan untuk mengirim bantuan logistik ke Turki, di Lanud Halim Perdananakusuma, Jakarta, Sabtu (11/2). (IDM/Septo Kun Wijaya)

Kepada seluruh kru pesawat dan personel pendukung, Fadjar berpesan agar mereka dapat selalu melaksanakan misi sesuai prosedur dan menjaga kesehatan.

“Laksanakan tugas sebaik-baiknya, sesuaikan dengan tugas masing-masing tim, jaga kesehatan dan tetap utamakan safety,” pesan KSAU.

Melansir keterangan Dispenau yang diterima Redaksi IDM, pesawat Boeing A-7308 diterbangkan oleh Mayor Pnb Arief M. Hakim. Pesawat tersebut bertugas untuk membawa personel yang tergabung dalam _ Medium Utility Search And Rescue_ (Musar) dan Emergency Medical Team (EMT) dan sebagian bantuan logistik.

Adapun pesawat C-130 hercules A-1326 yang diawaki oleh Letkol Pnb Yudi Bandung mengangkut bantuan logistik yang terdiri dari jas hujan, sepatu booth, selimut, bahan makanan, dan obat-obatan. Total bantuan logistik yang dikirim pada penerbangan kali ini mencapai 11 ton lebih.

Baca: Pelepasan Tim Bantuan Kemanusiaan untuk Korban Gempa Turki

Penerbangan akan menempuh jarak kurang lebih 4.500 Nm dengan misi penerbangan dari Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta menuju Ankara, Turki. Kedua pesawat TNI AU tidak menempuh rute yang sama. Pesawat Boeing A-7308 menempuh rute dari Halim Perdanakusuma – SIM Banda Aceh – Chennai (India) – Abu Dhabi (UEA) dan Adana Turki.

Sementara C-130 Hercules A-1326 lepas landas dari Halim Perdanakusuma – SIM Banda Aceh – Yangoon (Myanmar) – Mumbai (India) – Abu Dhabi (UEA) – Adana Turki.

Bantuan logistik dan personel dari Indonesia ini diperkirakan akan tiba di Adanna Turki pada Minggu, 12 Februari 2023, pukul 07.00 waktu setempat. (yas)

BERITA TERBARU

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER