Selasa, 28 Mei 2024

Di Papua, Kemhan RI Sosialisasi Rekrutmen Komcad Matra Darat Tahun 2023

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Kementerian Pertahanan (Kemhan) RI bersama Kodam XVIII/Kasuari menggelar sosialisasi UU No. 23 Tahun 2019 tentang PSDN (Pengelolaan Sumber Daya Nasional) untuk Pertahanan Negara, dalam hal ini Komponen Cadangan (Komcad) Tahun 2023, di Aula Makodam, Trikora, Arfai 1, Manokwari, Papua Barat, Selasa (31/1).

Komcad yaitu sumber daya nasional yang telah disiapkan untuk dikerahkan melalui mobilisasi guna memperbesar dan memperkuat kekuatan dan kemampuan komponen utama yaitu TNI.

Dirjen Pothan Kemhan RI, Mayjen TNI Dadang Hendrayudha selaku Ketua Tim Sosialisasi menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah untuk Negara dan Bangsa Indonesia yang harus dibangun dan menjadi tanggung jawab bersama.

“Konsep Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2019 ini adalah sesuatu yang sangat mutlak dilakukan oleh Indonesia, dan tahun ini di Kodam XVIII/Kasuari akan menyiapkan 200 orang untuk dididik manjadi personel Komcad. Saya berharap selama dilatih tiga bulan akan menjadi role model di lingkungannya masing-masing,” kata Dadang.

Lanjutnya bahwa selama tiga bulan menjalani pendidikan, para siswa Komcad akan diberikan uang saku setiap bulannya sebesar 1.850.000.

“Landasan konstitusi pembentukan Komcad yang perlu digaris bawahi adalah UUD 1945, Pasal 27 (3) Setiap warga negara berhak dan wajib Ikut serta dalam upaya pembelaan negara dan Pasal 30 (1) Tiap-tiap warga negara berhak dan wajib Ikut serta dalam usaha Hankamneg yang kemudian 57 tahun terbentuk UU NO 3 TH 2002 tentang Pertahanan Negara pada Pasal 7 ayat (2) Sistem Hanneg dalam menghadapi ancaman militer menempatkan TNI sebagai Komponen Utama didukung oleh Komcad dan Komponen Pendukung,” katanya.

Sementara itu, Kasdam XVIII/Kasuari, Brigjen TNI Yusuf Ragainaga dalam sambutannya mengatakan bahwa rekrutmen Komcad merupakan suatu kehormatan bagi Kodam XVIII/Kasuari, pemerintah dan seluruh stakeholder.

“Kegiatan ini sangat penting dalam rangka mendukung pertahanan negara, momen ini harus digunakan secara maksimal dan Kodam XVIII/Kasuari diharapkan mengikuti kegiatan sosialisasi ini dengan antusias karena rekrutmen ini adalah yang ketiga kalinya. Kita sangat berharap partisipasi seluruh masyarakat Papua Barat dan Papua Barat Daya untuk ikut ambil bagian dalam program bela negara melalui rekrutmen penerimaan Komcad dengan menyosialisasikan dan mengajak seluruh masyarakat yang memenuhi syarat untuk ikut program rekrutmen komponen cadangan sebagai salah satu bentuk pengabdian dan kecintaan kita kepada bangsa dan negara,” ujar Kasdam.

Sebagai informasi, pendaftaran Komcad Matra Darat Tahun 2023 ini dapat diikuti mulai dari usia 18 hingga 35 tahun melalui pendaftaran online di website https://komcad.kemhan.go.id dan nomor kontak whatsapp 089619370020.

Baca: Prajurit Raider Bantu Mediasi Warga yang Palang Jalan Buntut Perempuan Meninggal

Kegiatan Sosialisasi ini secara langsung disampaikan oleh Kolonel Arm Rudi Setiawan, dilanjutkan secara virtual untuk jajaran Kodam XVIII/Kasuari di ruang Posko Kodam XVIII/Kasuari dipimpin langsung oleh Dirjen Pothan Kemhan RI didampingi Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI Gabriel Lema.

Ikut hadir dalam kegiatan ini, para unsur Forkopimda Papua Barat, para pejabat Kodam dan Polda Papua Barat, para Kepada Dinas, Kepala Suku Besar Arfak, para Tokoh Masyarakat, Adat, Agama diwilayah Papua Barat, unsur BUMN dan BUMD dan mahasiswa, serta melalui video conference oleh seluruh jajaran Kodam XVIII/Kasuari. (rr)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER