Sabtu, 2 Maret 2024

Dankodiklatad Beri Pengarahan Kepada Siswa Komponen Cadangan Kodam IV Diponogoro

BACA JUGA

Magelang, IDM – Komandan Kodiklatad, Letjen TNI AM. Putranto, S.Sos. sebagai Pembina Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI AD meninjau dan memberikan pengarahan serta motivasi kepada Siswa Komponen Cadangan yang dilatih di Rindam IV/Diponogoro, Kamis (09/09/21). hal itu guna melaksanakan program Kementerian Pertahanan dalam mencetak Komponen Cadangan. sebagai kompartemen strategis matra darat melalui lembaga pendidikannya tengah menyiapkan Warga Negara Indonesia yang secara sukarela mendaftarkan diri untuk dilatih menjadi Komponen Cadangan.

Tiba di lapangan Rindam VI/Dip, Dankodiklatad menemui 500 orang siswa Komcad yang memiliki latar belakang pendidikan, suku bangsa, status dan pekerjaan yang beragam. Dankodiklatad menjelaskan dasar pendidikan Komcad yaitu UUD 1945 pasal 30 Ayat 2 tentang Sishankamrata khususnya pertahanan negara dimana didalamnya termasuk keberadaan komponen Cadangan yang berfungsi untuk mobilisasi umum demi keamanan dan pertahanan negara serta mobilisasi rakyat terlatih.

Dok. Pen Kodiklatad

Komandan Kodiklatad juga menekankan agar para siswa nantinya sebagai Komponen Cadangan harus senantiasa menanamkan rasa cinta tanah air, setia pada ideologi negara serta memiliki kemampuan awal bela negara.

“Tanamkan dalam benak kalian bahwa menjadi komcad bukan semata-mata untuk mencari pekerjaan namun harus berdasarkan lahir dan batin untuk ikut menjaga keutuhan NKRI ini”, tegasnya.

Dok. Pen Kodiklatad

Lebih lanjut, Dankodiklatad juga membangun motivasi siswa dengan menyampaikan bahwa setelah melalui pendidikan dasar militer ini para siswa akan memiliki mental dan disiplin yang baik. Ini akan menjadi bekal dalam kehidupan para siswa selanjutnya.

“Percayalah bahwa jati diri yang terbentuk melalui pendidikan ini akan mengubah diri kalian, baik dalam menjalani kehidupan selanjutnya atau bahkan dalam mencari pekerjaan”, ungkapnya. (wan/man)

BERITA TERBARU

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER