Sabtu, 20 April 2024

Cautter Khitan Sonix, Alat Khitan Buatan Prajurit Kodim 0615/Kuningan yang Go International

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Prajurit Kodim 0615/Kuningan, Kodam III/Siliwangi, Sertu Agus Rahwan, berhasil menciptakan alat laser untuk khitan. Alat ini, menurut Dandim 0615/Kuningan Letkol Inf Bambang Kurniawan bahkan sudah sampai ke luar negeri.

“Pada awal pemasaran, pasar domestik tidak ada yang melirik. Sehingga Sertu Agus memasarkannya ke luar negeri, seperti Singapura, Malaysia, dan lainnya. Alhamdulillah alat khitan hasil karya Sertu Agus hingga sekarang telah diterima oleh 62 negara di Eropa dan Australia. Tidak sedikit dokter di luar negeri yang mengakui dan mengapresiasi kualitas alat khitan yang mempunyai branding “Cautter Khitan Sonix” tersebut,” jelas Bambang, Rabu (28/6).

Baca Juga: Tim Gabungan TNI-Polri Telusuri Hutan Halmahera Cari OTK yang Tembak Warga dengan Panah

Cautter Khitan Sonix yang merupakan produk lokal asli Kuningan mampu mencuri perhatian beberapa pejabat negara maupun daerah. Mulai dari Kementerian Perindustrian dan Perdagangan RI, Bupati Kuningan, serta Kepala Diskopdagperin Kabupaten Kuningan.

Dandim 0615/Kuningan sangat mengapresiasi atas upaya dan inovasi yang dilakukan oleh prajuritnya.

“Saya bangga dan terharu serta mengapresiasi karya terbaik dari Sertu Agus. Ini sebagai motivator bagi seluruh prajurit khususnya di Kodim Kuningan,” tutup Dandim.

Baca Juga: Susunan Kekuatan ‘Perisai Samudra Nusantara’ oleh Menhan Prabowo untuk TNI AL

Usaha yang dijalani Sertu Agus diawali pada tahun 2010 saat membantu seorang dokter dalam proses untuk melakukan khitan, tetapi saat itu alat yang akan digunakan mengalami kerusakan.

“Untuk mengatasi kesulitan itu, Sertu Agus mencoba ikut membongkar untuk memperbaiki alat khitan buatan luar negeri tersebut. Alhamdulillah hingga hari ini alat tersebut dapat dipergunakan lagi,” kenang Bambang. (nhn)

BERITA TERBARU

INFRAME

Panglima TNI Pimpin Serah Terima Jabatan KSAU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyerahkan bendera panji Swa Bhuwana Paksa kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang baru Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono. Upacara serah terima jabatan (sertijab) tersebut berlangsung di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (5/4).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER