Jumat, 19 April 2024

Berkunjung ke Italia, KSAL Sepakat Kerja Sama Berbagai Bidang, Termasuk FREMM?

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali, berkunjung ke Italia untuk melakukan kerja sama di berbagai bidang, termasuk dengan Angkatan Laut Italia, Roma, Jumat (5/5).

Ali dan KSAL Italia Laksamana Enrico Credendino menghasilkan sejumlah kesepakatan peningkatan kerja sama antara kedua angkatan laut tersebut, seperti pendidikan dan latihan, pertukaran personel serta kunjungan kapal perang.

Menyoal kapal perang, dalam keterangan Dispenal yang dikutip pada Senin (8/5), tidak dijelaskan secara rinci mengenai hal tersebut. Sebelumnya, Kementerian Pertahanan (Kemenhan) pada tahun lalu menandatangani kerja sama dengan perusahaan pembuat kapal asal Italia, Fincantieri.

Baca Juga: Kodam XI/Udayana Rekrut 500 Putra Bali dan Nusra Jadi Komcad Matra Darat

Dalam kerja sama itu, Fincantieri rencananya menyuplai enam fregat kelas FREMM dan dua fregat bekas kelas Maestrale.

KSAL Laksamana TNI Muhammad Ali dan KSAL Italia Enrico Credendino
(Foto: Dok. Dispenal)

“Fincantieri akan menjadi kontraktor utama untuk keseluruhan program,” demikian informasi dari laman Fincantieri. Kendati demikian, proses pembelian enam unit fregat FREMM tersebut sampai saat ini belum menemukan titik terang.

Dilansir dari situs Naval Technology, panjang fregat FREMM ini sekitar 140 meter dan lebar 20 meter, dilengkapi sistem rudal SAAM Aster 15 sebagai pertahanan udara serta rudal antikapal Teseo Mk2 yang dipasok MBDA, menggunakan panduan inersia dengan kendali dan memiliki jangkauan hingga 55 km.

Baca Juga: KSAD Turun Langsung Cek Kesiapan Yonif 433/JS/3/Kostrad Tugas ke Papua

Selain itu, dua sistem peluncuran vertikal DCNS Sylver A43 juga dipasang di setiap kapal. Fregat juga FREMM dilengkapi sistem senjata antikapal selam Milas buatan MBDA. Senjata tersebut bisa membawa dan melepaskan torpedo ringan, seperti MU-90 pada targetnya.

Selanjutnya, suite sonar kapal mencakup Sonar Thales Type 4110 yang dipasang di lambung kapal. (at)

BERITA TERBARU

INFRAME

Panglima TNI Pimpin Serah Terima Jabatan KSAU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyerahkan bendera panji Swa Bhuwana Paksa kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang baru Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono. Upacara serah terima jabatan (sertijab) tersebut berlangsung di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (5/4).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER