Minggu, 14 April 2024

USS Sumner Mannert L. Abele, Kapal Perang AS Era Perang Dunia II Ditemukan di Okinawa

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Kapal perusak USS Sumner Mannert L. Abele (DD-733) milik Angkatan Laut Amerika Serikat ditemukan setelah hilang selama 78 tahun. Kapal yang digunakan pada Perang Dunia II tenggelam sekitar 25 mil di lepas pantai Okinawa.

Dilansir dari Fox News, Minggu (28/5), Kapal perang andalan AS kala itu dihantam dengan rudal bom bunuh diri Jepang, Yokosuka MXY-7 Ohka atau lebih dikenal sebagai Cherry Blossom pada 15 April 1945. Hantaman itu mengenai permukaan depan kapal dan menyebabkan kapal hancur seketika.

Baca Juga: Margonda, Pejuang Depok yang Gugur di Usia Muda

“Mannert L. Abele adalah tempat peristirahatan terakhir bagi 84 pelaut Amerika Serikat yang telah berkorban untuk mempertahankan negara. Penemuannya merupakan jawaban bagi keluarga mereka yang hilang, dan memberi kita semua kesempatan untuk mengingat dan menghormati mereka,” kata Direktur Komando Warisan dan Sejarah Angkatan Laut Samuel Cox.

Sebelum ditembak Jepang, kapal itu disebut telah berhasil menjatuhkan beberapa jet musuh dengan rudal anti pesawat. Bangkai kapal Mannert L. Abele kini dilindungi dan berada di bawah yurisdiksi Angkatan Laut AS.

Baca Juga: Sejarah Hari Pendidikan TNI AL Setiap 12 Mei

“Bangkai kapal itu merupakan tempat peristirahatan terakhir para pelaut yang memberikan hidup mereka untuk membela negara dan harus dihormati oleh semua pihak sebagai pusara perang,” kata rilis NHHC. (bp)

BERITA TERBARU

INFRAME

Panglima TNI Pimpin Serah Terima Jabatan KSAU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyerahkan bendera panji Swa Bhuwana Paksa kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang baru Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono. Upacara serah terima jabatan (sertijab) tersebut berlangsung di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (5/4).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER