Senin, 4 Maret 2024

Siap Amankan KTT ke-42 ASEAN, TNI AU Kerahkan Pesawat Tempur F-16

BACA JUGA

Jakarta, IDM – TNI Angkatan Udara (TNI AU) mengerahkan satu flight pesawat tempur F-16 Fighting Falcon untuk membantu tugas pengamanan KTT ke-42 ASEAN yang digelar di Labuan Bajo, NTT, pada 9-11 Mei 2023.

Kepala Dinas Penerangan Angkatan Udara (Kadispenau) Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah menjelaskan, pengerahan elang besi asal Skadron Udara 14 tersebut sejalan dengan instruksi Panglima TNI Laksamana Yudo Margono.

Baca Juga: Ikuti Latsarmil di Wingdik 800/Kopasgat, 500 Orang Siap Dilatih Menjadi Komcad Matra Udara

“Skadron Udara (Skadud) 14 ditugaskan sebagai unsur sergap di Bawah Kendali Operasi (BKO) Mabes TNI yang tergabung dalam Satgasud dan dipimpin oleh Pangkoopsud II,” ujar Indan dikutip dari Dispenau.

Unsur sergap F-16, dijelaskan Indan akan terbagi dalam dua home base, yaitu Lanud El Tari Kupang oleh Skadron Udara 14 dan Lanud Iswahjudi Magetan oleh Skadron Udara 3. Satu flight pesawat F-16 tersebut akan dipimpin oleh Komandan Skadud 14 Mayor Pnb Anwar Sovie dalam pelaksanaan tugasnya.

Baca Juga: 500 Siswa Komcad Matra Laut Resmi Jalani Latihan Dasar Militer

Selama KTT berlangsung, mereka bertugas untuk melaksanakan Combat Air Patrol (CAP) di area Tambolaka. Nantinya, unsur sergap tersebut juga akan bekerja sama dengan Satrad 226 Buraen, Kupang untuk melindungi area selatan serta timur.

Selain melaksanakan CAP, unsur sergap Skadud 14 juga akan melaksanakan Quick Reaction Alert (QEA), yaitu kesiapsiagaan skadron tempur untuk dapat airborne secepat mungkin apabila ada perintah melaksanakan scramble di area Lanud El Tari Kupang. (yas)

BERITA TERBARU

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER