Kamis, 13 Juni 2024

Satgas Yonif 122/TS Temukan Bangkai Pesawat Jatuh di Hutan Keramat Amyu Perbatasan RI-PNG

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Satgas Yonif 122/Tombak Sakti (TS) berhasil menemukan bangkai pesawat diduga peninggalan perang Dunia ke-II di di hutan intitapo (hutan keramat Amyu), Distrik Arso Timur, Kabupaten Keerom, Papua beberapa waktu lalu.

Dilansir keterangan dari Puspen TNI, Jumat, (24/5) Pasiter Letda Inf Yayan Jhon Kabisa temuan ini berawal dari salah satu keluarga yaitu Bapak Ondo Afi Kampung Amyu Karlos Enef Ewir (48) memberikan informasi tentang adanya bangkai Pesawat yang merupakan sejarah tersimpan yang diselimuti oleh adat.

Baca Juga: Yonkav 8 Terima 25 Unit Motor KLX Bantuan Kemhan

“Kami yang membidangi teritorial langsung melaksanakan pendalaman dan penggalangan terhadap informasi yang diberikan, dan berkonsultasi kepada Bapak Ondo yang merupakan hak milik wilayah hutan tersebut,” kata Pasiter.

Satgas Yonif 122/Tombak Sakti
(Foto: Dok. Puspen TNI)

Hasilnya, berdasarkan kesepakatan para tokoh adat Kampung Amyu bersedia untuk dilakukan acara adat Kampung Amyu, sebagai bentuk perizinan terhadap alam yang menyelimuti bangkai pesawat.

Baca Juga: Jelang Rimpac 2024 Hawaii, Korps Marinir Laksanakan Latihan Penyiapan

“Dengan kesepakatan bersama, para tokoh adat Kampung Amyu menyetujui untuk dilaksanakan acara adat dengan disaksikan Dansatgas Yonif 122/TS Letkol Inf Diki Apriyadi beserta beberapa personel Satgas, dan mengadakan makan bersama sebagai bentuk rasa syukur kegiatan ini” jelas Pasiter.

Kini bangkai pesawat tersebut diamankan guna menjaga tonggak sejarah di Kabupaten Keerom, Papua. (rr)

BERITA TERBARU

INFRAME

Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024

Peserta kategori IPSC Level III mengikuti Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024 di Lapangan Tembak Djamsuri, Wing Komando 1 Kopasgat, Jakarta, Jumat (7/6). Perlombaan tersebut mengangkat tema "Kualitas dan Prestasi adalah Kehormatan".

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER