Jumat, 19 April 2024

Presiden Rusia Sebut Ukraina Tembak Jatuh Pesawat Ilyushin Il-76 dengan Rudal Patriot

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan bahwa Ukraina telah menggunakan sistem pertahanan udara Patriot yang dipasok oleh Amerika Serikat (AS) untuk menembak jatuh pesawat angkut militer Ilyushin Il-76 di wilayah Belgorod pada pekan lalu.

Dilansir dari Reuters, Kamis (1/2), Putin mengklaim bahwa Ilyushin Il-76 yang ditembak jatuh Ukraina itu membawa 74 orang. Seluruh penumpang dilaporkan tewas termasuk 65 tentara Ukraina yang menjadi tawanan perang. Namun, Rusia hingga kini belum memberikan bukti apapun.

Baca Juga: Tiga Negara NATO Sepakat untuk Percepat Postur Militer ke Sisi Timur

Sepekan setelah kejadian tersebut, Putin kembali mengatakan pihaknya telah melakukan penyelidikan dan Ukraina disebut menembak jatuh pesawat dengan dua rudal Patriot. Kendati demikian, ia mengaku menginginkan adanya penyelidikan skala internasional.

“Pesawat itu jatuh, dan secara pasti sistem Patriot Amerika sudah terpasang, analisis para ahli telah membuktikan hal itu. Kami mendesak agar penyelidikan internasional dilakukan. (Tapi) tidak ada organisasi internasional yang bersedia melakukan hal ini,” kata Putin.

Baca Juga: Tahun Ketiga Kudeta di Myanmar, Sekjen PBB Peringatkan Tindakan Kekerasan Harus Diakhiri

Sementara, Ukraina tidak membenarkan atau membantah tuduhan Rusia dan menuntut bukti yang nyata demi menguak kebenaran terkait puluhan penumpang yang berada di dalamnya. (bp)

BERITA TERBARU

INFRAME

Panglima TNI Pimpin Serah Terima Jabatan KSAU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyerahkan bendera panji Swa Bhuwana Paksa kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang baru Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono. Upacara serah terima jabatan (sertijab) tersebut berlangsung di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (5/4).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER