Rabu, 29 Mei 2024

Menhan Prabowo: Tugu Api Semangat Indonesia Merdeka Tidak Pernah Padam Simbol Semangat Bangsa Indonesia

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto menyebut ‘Tugu Api Semangat Indonesia Merdeka Tidak Pernah Padam’ sebagai lambang semangat, harapan, keberanian, dan gairah bangsa Indonesia untuk senantiasa mencintai Tanah Air, rela berkorban demi tegaknya kedaulatan NKRI. Hal tersebut disampaikan dalam acara peresmian Tugu Api Semangat Indonesia Merdeka Tidak Pernah Padam di area Patung Dr. (H.C). Ir. Soekarno, Kementerian Pertahanan (Kemhan) RI, Selasa sore (09/11).

“Semangat untuk terus membangun bangsa dan negara demi terwujudnya Indonesia yang berdaulat, adil, dan makmur berdasarkan Pancasila dan UUD Republik Indonesia tahun 1945,” ungkap Menhan Prabowo dalam sambutannya.

Tugu ini sekaligus menjadi penyempura atas pembangunan patung Dr. (H.C). Ir. Soekarno yang lebih dulu dibuat dan telah diresmikan pada 6 Juni 2021 oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Patung Presiden Soekarno menunggang kuda, menggambarkan saat beliau inspeksi pasukan pada upacara peringatan Hari Angkatan Perang Republik Indonesia yang pertama, 5 Oktober 1946 di Yogyakarta. Peresmian patung Presiden Soekarno telah dilaksanakan secara simbolik oleh Presiden Republik Indonesia Bapak Joko Widodo pada tanggal 6 Juni 2021 dan dihadiri oleh Presiden RI ke-5 Ibu Megawati Soekarnoputri,” ucap Menhan Prabowo.

Foto Menhan Prabowo bersama Presiden Jokowi Resmikan Tugu Api Semangat Indonesia Merdeka Tidak Pernah Padam

Lebih lanjut Mantan Danjen Kopassus ini menjelaskan guna menghormati dan menghargai jasa-jasa pahlawan yang telah berjuang demi tegaknya kemerdekaan Indonesia maka pada area patung Presiden Soekarno ditambah dengan dibangunnya Tugu Api Semangat Indonesia Merdeka Tidak Pernah Padam. Api Tidak Pernah Padam sebagai simbol semangat.

Tugu api yang memiliki diameter 1 meter ini terbuat dari bahan lapis baja stainless yang dapat menahan panas hingga 3200 derajat celcius serta bisa menyala sepanjang hari ini.

Acara yang tetap menerapkan protokol kesehatan ini diawali dengan pelaksanaan Parade Senja penurunan bendera Merah Putih.

Menhan Prabowo di acara peresmian Tugu Api Semangat Indonesia Merdeka Tidak Pernah Padam

Turut hadir pada acara tersebut antara lain Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo, Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono, dan Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo. (YAS)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER