Jumat, 19 April 2024

Korsel, AS dan Jepang Gelar Latihan Gabungan di Semenanjung Korea

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Korea Selatan (Korsel), Amerika Serikat (AS) dan Jepang menggelar latihan Angkatan Laut gabungan di Semenanjung Korea. Tujuannya untuk menanggapi ancaman nuklir dan rudal Korea Utara (Korut).

Dilansir dari Yonhap, Rabu (17/1), latihan itu berlangsung di sekitar Pulau Jeju yang melibatkan sembilan kapal perang dari ketiga negara, termasuk kapal induk bertenaga nuklir USS Carl Vinson sejak dua hari lalu.

Baca Juga: Korut Klaim Berhasil Uji Coba Rudal Balistik Berhulu Ledak Hipersonik

“Latihan ini bertujuan untuk memperkuat kemampuan pencegahan dan respons ketiga negara terhadap ancaman nuklir dan rudal Korut serta ancaman maritim,” kata Joint Chief of Staff Korsel.

Latihan militer gabungan ini didasarkan atas kesepakatan trilateral yang diraih pada pertengahan tahun lalu. Nantinya, latihan trilateral akan digelar secara rutin untuk meningkatkan postur pertahanan.

Baca Juga: Qatar Sebut Israel-Hamas Sepakat Buka Jalur Kemanusiaan di Gaza

“Kesepakatan ini juga berfokus pada respons terhadap ancaman keamanan maritim dan meningkatkan kerja sama trilateral dalam membangun tatanan internasional berbasis aturan,” tambahnya. (bp)

BERITA TERBARU

INFRAME

Panglima TNI Pimpin Serah Terima Jabatan KSAU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyerahkan bendera panji Swa Bhuwana Paksa kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang baru Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono. Upacara serah terima jabatan (sertijab) tersebut berlangsung di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (5/4).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER