Minggu, 14 April 2024

Intelijen AS: Presiden Korut Akan Menemui Putin Bahas Jual Beli Senjata

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Presiden Korea Utara (Korut) Kim Jong Un dikabarkan berencana berkunjung ke Rusia untuk bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di bulan ini. Pertemuan itu bertujuan untuk membahas kemungkinan pasokan senjata dari Korut ke Rusia.

Dilansir dari AP, Selasa (5/9), seorang otoritas intelijen Amerika Serikat (AS) yang identitasnya dirahasiakan menyebut Kim akan melakukan perjalanan dari Pyongyang dengan kereta lapis baja ke Vladivostok untuk bertemu dengan Putin.

Selain menjajaki kerja sama pasokan senjata, keduanya disebut berencana untuk menggelar latihan militer gabungan. Senada, Juru bicara Dewan Keamanan Nasional Adrienne Watson mengungkapkan Rusia Sergei Shoigu telah melakukan perjalanan ke Pyongyang untuk meyakinkan mereka agar menjual amunisi artileri ke Rusia pada beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Israel Siap Luncurkan Pesawat Pengintai Oron, Dilengkapi Sistem Kecerdasan Buatan

“Kami memiliki informasi bahwa Kim Jong Un memperkirakan diskusi ini akan terus berlanjut, termasuk keterlibatan diplomatik tingkat pemimpin di Rusia,” kata Watson.

Watson menegaskan, pihaknya berupaya untuk terus mendesak Korut berhenti melakukan tindakan konfrontatif termasuk transaksi jual beli senjata dengan Rusia. Menurutnya, negosiasi pasokan senjata antara kedua negara mengalami kemajuan cukup signifikan.

“AS mendesak Korut untuk menghentikan negosiasi senjata dengan Rusia dan mematuhi komitmen publik yang telah dibuat Pyongyang untuk tidak menyediakan atau menjual senjata ke Rusia,” ujarnya.

Baca Juga: Dirundung Isu Korupsi, Zelensky Ganti Menteri Pertahanan Ukraina

AS beberapa kali memperingatkan bahwa Korut dapat memasok senjata kepada Rusia, yang pasukannya menginvasi Ukraina sejak Februari 2022. Namun, pihak Korut maupun Rusia tidak pernah menanggapi peringatan AS tersebut.

Sebelumnya, Juru Bicara Keamanan Nasional AS John Kirby juga mengungkapkan pihaknya memiliki informasi intelijen yang menunjukkan bahwa Putin dan Kim bertukar surat setelah kunjungan Shoigu. Kirby mengatakan surat-surat tersebut “lebih bersifat umum” namun perundingan keduanya mengenai penjualan senjata mengalami kemajuan. (bp)

BERITA TERBARU

INFRAME

Panglima TNI Pimpin Serah Terima Jabatan KSAU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyerahkan bendera panji Swa Bhuwana Paksa kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang baru Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono. Upacara serah terima jabatan (sertijab) tersebut berlangsung di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (5/4).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER